17 Sep 2020

Nepal Van Java, Pesona Desa Wisata di Kabupaten Magelang

Pesona Nepal van Java. pict: idntimes

Nepal merupakan sebuah negara kecil yang terletak di pegunungan Himalaya. Letaknya yang berada diketinggian menjadikan negara itu memiliki panorama yang menarik. Rumah-rumahnya tersusun meninggi berada dikaki gunung.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional

Di Magelang, terdapat juga sebuah area perumahan yang sangat mirip penampakannya dengan yang ada di Nepal. Rumah-rumah ini sempat viral beberapa waktu lalu. Rumah-rumah disini tersusun bertingkat-tingkat seperti yang berada di Nepal. Tempat ini sering disebut dengan Nepal Van Java.

Dusun mirip Nepal ini terletak di kaki gunung Sumbing dan diklaim menjadi dusun tertinggi di Indonesia dengan letaknya berada di ketinggian 1.620 meter diatas permukaan laut. Dusun ini memiliki panorama yang menarik serta udara yang sejuk khas pegunungan. Rumah-rumah yang tersusun bertingkat dengan latar belakang gunung Sumbing ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkinjung kesana.

Lokasi Wisata Nepal Van Java @suaramerdekakedu

Dusun ini bernama dusun Butuh yang didiami oleh sekitar 610 kk dengan 2.500 jiwa. Penduduk disini mayoritas petani karena memiliki lahan yang subur didataran tinggi. Hasil pertanian penduduk berupa sayuran seperti kentang, kol, wortel, dan sayuran lainnya.

Rumah-rumah di dusun butuh ini tersusun cukup unik, karena dibangun beraturan mengikuti kontur kaki gunung Sumbing. Dikanan-kiri perumahan ini terdapat ladang terasering, dan rumah-rumah yang dibangun disini berada dibekas terasering sehingga menjadi tersusun bertingkat.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Nepal Van Java @sabigaju

Spot wisata yang menjadi favorit pengunjung untuk foto berupa sebuah tikungan sebelum pasar. Semakin tinggi, akan semakin bisa melihat pemandangan rumah-rumah sambil menikmati pemandangan luas. Dari sini pengunjung akan melihat panorama wilayah Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Untuk menikmati keindahan rasa Nepal ini, pengunjung dapat pergi kesana tanpa membayar retribusi. Pengunjung hanya membayar parkir sebesar Rp.5.000 untuk bisa menikmati keindahan dusun ini sepuasnya. Bagi pengunjung yang ingin merasakan bermalam dan menginap disini, tersedia penginapan semacam home stay yang diperuntukkan bagi pengunjung.

Nepal Van Java @detikcom

Dusun yang juga menjadi idaman para pendaki ini berjarak 34 Km dari kota Mungkid, Magelang. Alamat lengkapnya adalah dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik, Magelang. Rute yang dapat diambil untuk menuju kesana dapat dimulai dari jalan Magelang - Semarang.

Carilah Artos Mall Magelang, kemudian belok kearah barat pada pertigaan seblah baratnya kemudian lurut mengikuti jalan Jend. Sarwo Edhie Wibowo. Pada pertigaan ganda, ambil kanak kemudian kiri dan menuju kearah barat melalui jalan Mertoyudan-Bandongan/ mayor Human sampai menemukan pertigaan dekat masjid Al-Ikhlas Salam 2.

Kemudian belok kanan dan menemukan pertigaan ambil jalur kiri dan lurus ikuti jalan hingga menuju jalan Kaliangkrik sampai menemukan pertigaan dekat cawan kaliangkrik lalu ambil kanan dan lurus ikuti jalan besar sampai menemukan pemandangan Nepal van Java.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Laut Bekah, Menikmati Pemandangan Laut Lepas Dari Ketinggian

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon