16 Sep 2020

Keindahan Tersembunyi Dengan Bukit dan Pasir Putih Pantai Menganti, Kebumen

Wahana sepeda gantung. pict. infopantai

Berkunjung ke Kebumen, identik dengan pemandangan sawah yang luas dan suasana yang sangat hijau. Ketika melewati jalan utama menuju kesana, nyaris tak ada pemandangan selain hamparan sawah sebelum menuju kota nya. Akan tetapi, siapa sangka, ternyata pantai di Kebumen terdapat pantai yang sangat indah dan sangat mempesona. Pantai itu adalah pantai Menganti.


" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Pantai Trisik, Tempat Menikmati Penyu-Penyu Mungil di Sepanjang Pantai

Pantai Menganti menyajikan panorama yang indah berupa bukit yang hijau serta pasir putih yang menawan. Berkunjung ke pantai ini akan langsung mendapatkan keindahan dengan 2 spot menarik tersebut. Belum lagi dengan spot-spot foto yang tersaji disana.

Sebagai wisata alam, tentunya daya tarik utamanya adalah pemandangan keindahan pantai dengan pasir putihnya. Dengan pasir putih yang indah ini tak heran jika ada yang menjulukinya dengan New zeeland nya Indonesia.

Selain itu, bukit karst yang ada disini juga memberikan tempat untuk memandang birunya laut dari ketinggian. Panoraman pantai menganti yang dikelilingi bukit menjadikan seakan-akan terlihat seperti mengapung.

Gazebo-gazebo di pantai. pict happy-bus

Bukit ini dinamakan dengan bukit Sigatel. Bukit ini dapat dinaiki untuk melihat indahnya lautan samudra dari ketinggian. Dibukit ini terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk istirahat ketika capek, atau bisa juga digunakan sebagai spot untuk menimati keindahan laut sambil merasakan semilir angin dari laut.

Tak hanya sampai disitu saja, di pantai Menganti ini terdapat spot-spot buatan yang membuatnya makin indah laksana berada ditaman. Ada jembatan merah, balon udara, serta sebuah gunung purba tanjung karang bata.

Tanjung karang bata ini menjadi tempat untuk menuju gazebo-gazebo yang menyajikan pemandangan indah. Gunung purba ini berdiri kokoh dan menjadi salah satu tempat untuk menikmati indahnya pemandangan pantai.

Sementara jembatan merah menjadi spot favorit yang ada dipantai Menganti. Jembatan ini berada diatas batu-batu karang dan membentang sepanjang 300 meter. Tentunya sangat cocok untuk menikmati keindahan laut dari jembatan ini.

Pantai Menganti. pict explorewisata

Tetapi karena lokasi jembatan ini berada diketinggian, maka untuk mencapainya disediakan shuttle yang akan mengangkut pengunjung. Shuttle yang disediakan ini gratis, sehingga pengunjung tinggal menunggu di halte yang sudah disediakan kemudian tinggal naik. Perjalanan menuju jembatan menempuh waktu 10 menit.

Dan yang tak kalah menarik tentunya adalah balon udara. Balon udara ini sangat menarik untuk digunakan sebagai backgroun foto. Balon udara ini berada disamping sebuah tebing yang bernama tebing keteb widadari. Tebing ini dapat dijumpai sebelum masuk ke area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti
Pantai Menganti dibuka selama 24 jam sehingga dapat dikunjungi kapanpun yang kita mau. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 10.000 ditambah biaya parkir. Tetapi untuk ke wahana sepeda gantung membayar tambahan Rp.20.000 dan jika ingin menggunakan gazebo menyewa Rp.10.000.

Jembatan merah. pict jadwaltravel

Karena buka selama 24 jam, pantai ini dapat juga digunakan untuk camping. Terutama camping dibukitnya yang menawarkan keindahan memandang lautan. Apabila ingin camping, pengunjung perlu membayar biaya Rp.5.000 per orang. Hanya saja jika ingin camping perlu persiapan sendiri dari rumah karena dipantai menganti ini tidak menyewakan tenda maupun perlengkapan camping.

Fasilitas yang tersedia disini juga terbilang lengkap seperti MCK, Mushola dan juga warung makan tersedia disini. Bahkan apabila ingin menginap, diarea pantai menganti ini terdapat beberada hotel yang bisa digunakan untuk menginap. Ada juga villa maupun home stay yang menawarkan biaya yang lebih murah.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Pantai menganti terletak di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Dari pusat kota Kebumen berjarak sekitar 40 Km. Pantai ini terletak di semenanjung yang berada di jalur lintas selatan Jawa, sehingga dapat dicapai dari berbagai penjuru.

Pantai Menganti. pict dolanyok

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Menganti
1. Dari Kebumen: Dari pusat kota Kebumen, ke barat dan mengambil jalan menuju Petanahan, kemudian ambil arah Puring, kemudian Karang bolong dan ikuti petunjuk arah ke pantai Menganti.

2. Dari Gombong: Dari arah Gombong, pengunjung dapat mengambil arah ke Jatijajar, kemudian keselatan dan ikuti jalan sampai pertigaan belok kiri kemudian belok kananpada pertigaan dan ikuti petunjuk arah.

3. Dari Purwokerto dan Cilacap: Dari Purwokerto dan Gombong dapat melalui Kebasen kemudian jalan Nasional III, pada perempatan, belok kanan kemudian lurus ikuti jalan sampai menemukan jalan Diponegoro atau jalan Karang paking kemudian kekiri dan ikuti jalan sampai pasar Jetis kemudian belok kanan dan ikuti jalan besar sampai menuju Pantai Menganti.

4. Dari Jogja dan Purwokerto: Dari arah Jogja ambil jalan Deandles melewati Purworejo bagian selatan kemudian lurus sampai jalan ini mentok dengan pertigaan, kemudian ambil kiri, dan ikuti jalan hingga menemukan Pom mini panyet, lalu belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan plang pantai Menganti.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon