18 Sep 2020

Sungai Kumuh Yang Kini Berubah Jadi Tempat Susur Sungai Gajah Wong

Tempat Wisata Sungai Gajah Wong


Sungai Gajah Wong merupakan sungai yang memiliki hulu di lereng gunung Merapi, lalu bergabung dengan sungai Opak diwilayah Bantul. Sungai ini melewati kawasan Condong catur dan Catur tunggal, Depok, serta Jogja bagian timur di Umbulharjo, serta beberapa daerah di Bantul. Sungai ini juga melewati kebun binatang Gembira loka.

Karena sungai Gajah wong ini melewati area perkotaan yang padat penduduk, tentunya sungai ini tak sebersih sungai-sungai yang melewati hutan. Beberapa daerah aliran sungai ini bahkan menjadi tempat pembuangan sampah bagi masyarakat sekitar sungai. Sehingga sungai ini menjadi kotor bahkan ada yang sampai bau.

Berangkat dari sini, penduduk yang teraliri sungai ini merasa prihatin kemudian berinisiatif untuk membersihkannya. Tak hanya puas sampai disitu saja, didaerah aliran sungai yang dibersihkan ini kemudian dibuka sebagai kawasan wisata agar lebih bermanfaat, terutama untuk memberdayakan penduduk setempat.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional

Harga Tiket Wisata Sungai Gajah Wong
Sumber foto http:www.instagram.com
Kawasan sungai Gajah wong mulai dirintis sebagai tempat wisata dan dikembangkan tahun 2019. Tempat wisata ini dinamai dengan Wisata Air Taman Pleredhan Kali Gajahwong. Wisata ini bermulai dari swadaya masyarakat, sebelum akhirnya mendapat uluran tangan dari pemerintah melalui Dinas Pariwisata.

Untuk menambah daya tarik terhadap pengunjung, area sungai dibenahi. Tepian sungai dibersihkan, dirapikan dengan dikasih paving block sehingga menjadi terbentuk gazebo, warung, toilet, area parkir dan sejumlah spot-spot foto mulai dibangun. Pemerintah kota Jogja menebarkan bibit-bibit ikan secara periodik sehingga menarik perhatian bagi pemancing untuk datang kesini.

Kini aliran sungai itu manjadi daya tarik utama wisata air Pleredhan ini. Disediakan 2 buah perahu beratap daun rumbia untuk wisata menyusuri sungai Gajah wong. Perahu ini berkapasitas 12 orang sehingga tidak begitu antri untuk menaiki perahu. Rute yang dilalui mulai dari dermaga wisata kapal cinta Gajahwong, kemudian kearah utara menuju jembatan Tegal gendu dan kembali keselatan lagi hingga dam Mrican.

Lokasi Wisata Sungai Gajah Wong
Sumber foto http:www.instagram.com
sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Spot menarik lain ditempat ini yaitu spot Bendung Lepen Mrican Youth. Tempat ini merupakan sebuah selokan yang menjadi saluran irigasi membelah perkampungan kota Yogyakarta hingga mengairi pertanian sampai wilayah Bantul. Spot ini menarik karena diubah menjadi selokan yang penuh dengan ikan nila jingga bergerak-gerak tak henti dan juga beberapa ikan koi.

Pengunjung bisa menikmati tempat wisata ini, dapat membayar paket seharga Rp.25.000 perorang. Hanya dengan harga diatas, pengunjung akan mendapatkan banyak fasilitas diantaranya trip kapal, gazebo, speaker, parkir, toilet, serta makan soto bumbung. Soto bumbung ini merupakan soto yang terbuat dari kaldu sapi dan daging ayam dengan wadah bumbung atau potongan bambu.

Spot Foto Wisata Sungai Gajah Wong
Sumber foto http:www.instagram.com
Pada hari biasa wisata ini sepi disiang hari namun ramai dimalam hari karena menjadi tempat nongkrong alternatif dengan angkringannya yang memiliki minuman khas yaitu minuman jahe jeruk. Namun ketika akhir pekan wisata ini sangat rame karena sangat cocok untuk mengajak bermain bersama anak sambil memberi makan ikan-ikan dengan memberi pakan seharga Rp.2.000.

Untuk berkunjung ke Wisata air taman pleredhan gajahwong sangat mudah. Lokasinya yang berada di wilayah Kota Jogja membuat rutenya mudah untuk dicari. Lokasinya berada di tiga kampung yaitu Kampung Ponggalan, Karang miri dan Mrican, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Untuk menuju kesini, ambil arah jalan Pramuka/ Imogiri Timur, kemudian sebelum kantor Gojek belok kiri (jika dari utara) kemudian ikuti jalan sampai menemukan lokasinya.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Laut Bekah, Menikmati Pemandangan Laut Lepas Dari Ketinggian

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon