15 Sep 2020

Kokohnya Batu Karang Melindungi Pantai, Pantai Watu Lumbung

Karang pantai Watu lumbung. pict: jejakpiknik.com

Gunung kidul tak pernah habis akan pantai-pantainya yang indah. Setelah ada yang terkenal dan pengunjung mulai membludak, muncul lagi pantai baru yang dibuka dan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang mampu menyedot perhatian pengunjung. Semua sisi dari pesisir pantai di Gunung kidul layak untuk dinikmati dari ujung timur sampai ujung barat.


" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Ada Winter di Citra Grand Mutiara Waterpark Gamping, Sleman

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Pantai Watu lumbung. pict: piknikasik.com

Pada umumnya, pantai-pantai di Gunung kidul ini mempunyai ciri khas berupa pasir putih yang indah untuk dinikmati bersama dengan birunya laut. Tetapi ada sebuah pantai yang lain dari ciri khas tersebut yaitu pantai Watu lumbung. Pantai ini nyaris tidak memiliki pasir tetapi justru terdiri dari batu-batu dan karang yang menutupi area pantai itu.

Ciri khas dari pantai ini adalah adanya dua karang yang menjadi pelindung pantai dari deburan ombak. Pantai ini sering dimiripkan dengan pantai Papuma yang berada di Jember, Jawa Timur. Bedanya hanya terletak pada bentuk batunya saja.

Disebut Watu lumbung karena batuan karang besar yang berada dipantai ini menyerupai bentuk lumbung. Lumbung adalah tempat untuk menyimpan padi hasil panen pada zaman dulu. Dan batuan yang berada dipantai ini mirip dengan lumbung untuk menyimpan padi.

Pantai Watu Lumbung. pict: gmaps/Tyty Dewanti

Pantai Watu Lumbung terletak diantara pantai Wedi ombo dan cagar alam Gunung batur. letaknya terbilang masih agak pedalaman dan perlu jalan kaki menuju kesana. Pantai ini juga cocok untuk memancing sehingga banyak digunakan sebagai spot untuk memancing.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Pantai Watu lumbung ini memiliki pesona indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Dua buah batu besar dipantai ini menjadi daya tarik tersendiri karena letaknya yang berada ditengah-tengah pantai. Pada bagian atas pantai ini tumbuh hamparan rumput hijau liar yang menjadikan pantai terasa sejuk meskipun cuaca panas. Ditambah hembusan angin dari laut yang membuat makin sejuk.

Hijaunya pantai Watulumbung. pict.: dekatour.com

Di Pantai Watu lumbung ini tidak terdapat pasir. Sehingga pengunjung akan merasakan deburan ombak yang menabrak karang lebih riuh. Namun pantai ini tidak cocok utnuk mandi, hanya sekedar bermain air saja. Disini pengunjung bisa berfoto-foto dengan batu karang yang menghadikan spot menarik. Di sini panorama alami pantai yang menjadi pemikat hati pengunjung.

Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki dari parkiran dan menuruni bukit menuju pantai. Akan terasa capek karena harus trekking bukit selama 30 menit. Namun dari berjalan selama itu, justru akan tersaji berbagai pemandangan seperti batu yang terlihat dari atas, terasering sawah, kebun serta air terjun alami.

Pantai Watu lumbung ini buka selama 24 jam sehingga dapat digunakan untuk berkemah, dan juga memancing. Meskipun begitu tidak disarankan datang dalam kondisi gelap jika belum hafal medan. Terlebih lagi ketika hujan jalanan relatif berlumpur, sementara jika musim kemarau jalannya berdebu.

Camping di pantai Watu lumbung. pict: gmaps/ Wisnu Satriawati

Haraga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung
Untuk tiket masuk lokasi pantai Watu lumbung ini Rp.5.000. Tetapi belum termasuk parkir yang mana tarif parkirnya sebesar Rp.3.000 untuk sepeda motor dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000 - Rp.10.000. Namun untuk fasilitas dipantai ini bisa dibilang kurang begitu lengkap.

Rute dan Lokasi Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu lumbung ini terletak dikaki Gunung batur yang beralamat di desa Balong, Girisubo, Gunung kidul. Perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Untuk sampai pantai ini melewati area pantai Wedi ombo dengan rute yang dapat ditempuh yaitu melalui jalan Wonosari.

Kemudian dilanjutkan menuju arah Semanu hingga menemukan pertigaan pasar Jepitu. Setelah itu ambil kanan menuju arah pantai Wedi Ombo. Selanjutnya lurus hingga menemukan petunjuk ke pantai Watu lumbung.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon