16 Sep 2020

Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional, Kampung Etnik Kebumen

Kampung Etnik Kebumen

Kebumen merupakan salah satu kebupaten yang tak setenar daerah lain dalam hal wisata. Tak seperti tetangganya Banyumas atau Lainnya. Namun, ternyata Kebumen memiliki sebuah wisata yang unik dan cukup menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk mengisi liburan bersama keluarga. Tempat wisata itu adalah Kampung Etnik Kebumen.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Ada Winter di Citra Grand Mutiara Waterpark Gamping, Sleman

Kampung Etnik ini sebenarnya hanyalah sebuah tempat penginapan. Namun berkat kecerdikan dan kelihaian pemiliknya, penginapan ini direkasaya menjadi sebuah tempat yang cocok untuk menjadi destinasi wisata yang menarik. Tetapi fungsi dari penginapan tetap tidak dihilangkan.

Bungalow. pict: kebumenmaen.com

Kampung Etnik Kebumen memiliki nuansa Jawa pada beberapa desainnya dan suasananya. Ketika masuk tempat ini, pengunjung akan merasakan nuansa Jawa mulai dari tulisan aksara Jawa pada gapuranya. Setelah masuk akan terdengar alunan musik Jawa yang dilantunkan.

Yang menjadi khas dari tempat wisata ini adalah bangunan bungalow yang menarik untuk dijadikan sebagai spot selfie. Bungalow adalah sebuah rumah-rumah kecil dengan genteng panjang hingga menutupi dinding. Bungalow ini merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai penginapan. Bungalow-bungalow tersusun rapi sehingga enak untuk dinikmati.

Selain itu, di tempat wisata ini terdapat wahana-wahana yang menjadi daya tarik dalam berwisata disini. Disini pengunjung dapat menikmati beberapa wahana yang cocok untuk keluarga sepert lumbung iwak, kolam renang, sepeda air, dan lainnya. Tempat wisata ini juga terdapat spot-spot foto yang menarik dan kekinian.

Kolam renang di Kampung etnik. pict: pembuatkolamrenang.com

Di lumbung iwak, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan yang diletakkan dala akuarium. Ada berbagai jenis ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut lengkap dengan keterangan namanya. Sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengajarkan kepada anak-anak.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Lumbung iwak. pict: bambangirwantoripto.com

Selain itu kolam-kolam dengan berbagai wahana juga dapat dicoba. Kolam-kolam ini digunakan sebagai kolam renang, dan juga sebagai wahana permainan seperti sepeda air. Pengunjung juga bisa berfoto menggunakan pakaian ada Jawa dari blangkon sampai jarik.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Baju adat Jawa. pict: explorewisata.com

Untuk bisa berwisata di Kampung Etnik Kebumen ini, pengunjung dapat memilik diantara paket yang ditawarkan. Paket 1 seharga Rp.10.000, paket 2 seharga Rp.15.000, dan paket 3 seharga Rp.20.000. Paket yang paling digemari adalah paket 3 karena untuk berfoto dengan pakaian Jawa yang harga sewanya Rp.5.000 sudah termasuk kedalam paket.

Fasilitas yang tersedia untuk kebutuhan wisata tentunya sudah memadahi. Bahkan terdapat masjid yang bentuknya unik menyerupai kabah. Selain itu juga terdapat rumah makan yang menggunakan konsep "mangan sawarege" yang berarti makan sekenyangnya. Di area makan inipun juga terdapat spot-spot foto menarik.

Salah satu spot foto di Kampung etnik. pict: explorwisata.com

Sebagai tempat penginapan, tentunya Kampung etnik ini memiliki area parkir yang luas hingga bus besarpun bisa masuk. Tarif retribusi parkir antara Rp.1.000 - Rp.10.000. Apabla ingin menginap dirumah bungalow ini, tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp. 250.000 sampai Rp. 300.000 per malam.

Untuk jam bukanya sendiri 24 jam karena sebagai tempat menginapan. Namun untuk wahana-wahana permainan, buka mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Tempat wisata ini buka setiap hari. Kampung Etnik Kebumen lokasinya sangat mudah untuk ditemukan karena berada dekat dengan alun-alun Kebumen.

Dari alun-alun hanya berjarak 500 meter, dengan alamat di dukuh Legok, Legok lor, Pejagoan, Kebumen. Arahnya dari alun-alun menuju ke selatan melalui jalan Ronggowarsito, kemudian belok kiri pada perempatan menuju jalan Pejagoan, dari situ tak lama lagi akan ketemu dengan lokasinya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon