14 Sep 2020

Pantai Trisik, Tempat Menikmati Penyu-Penyu Mungil di Sepanjang Pantai

Pantai Trisik @rir_photos

Wisata di kabupaten Kulonprogo memang terkenal dengan wisata yang berada digunung-gunungnya terutama gugus pegunungan Manoreh dengan berbagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Puncak-puncak di Kulon progo yang menyuguhkan panoranama luar biasa bagusnya menjadi ikon tersendiri di Kabupaten Kulon progo.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Panorama Alam Laut dari Atas Puncak Segoro, Gunungkidul

Selain puncak-puncak yang menawarkan pemandangan, didaerah pegunungan tersebut juga terdapat air terjun yang tak kalah menariknya. Namun untuk mencapai wisata digunung-gunung itu, jalan yang dilalui tidaklah mudah.

Jalanan yang ekstream dengan tanjakannya tentu tidak semuanya bisa mencapainya. Perlu keberanian dan didukung dengan kendaraan yang sehat untuk bisa mencapainya. Belum lagi daerah itu masih relatif sepi. 

Bagi yang takut dengan jalanan ekstream berupa tanjakan-tanjakan berbahaya, terdapat alternatif wisata lain yang dapat dikunjungi di Kulon progo. Wisata alternatif itu adalah pantai. Kabupaten Kulon progo yang memiliki daerah pesisir terdapat beberapa pantai yang dapat dikunjungi.

Pantai Trisik @nofarinamasruroh2

Untuk mengunjungi pantai, jalanan yang dilewati nyaris tidak terdapat jalur tanjakan dan berada dijalur landai. Ada beberapa pantai di Kulon progo yang dapat dikunjungi, salah satunya pantai Trisik.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Pantai Trisik ini merupakan pantai yang berada diujung timur Kulon progo, berada disebelah barat muara sungai Progo. Pantai ini konon merupakan pantai yang pertamakali dibtemukan di Kulon progo. Seperti pantai-pantai lainnya, pantai Trisik ini ditumbuhi oleh pohon cemara udang yang menjadikan daerah pantai terlihat hijau dan menawan.

Pohon ini memiliki fungsi utamanya adalah untuk menahan abrasi pantai yang dihasilkan oleh ombak laut. Ketika pasang, ombaknya sangat besar sehingga mampu mencapai area pohon cemara udang ini. Pohon-pohon ini juga dapat dijadikan sebagai tempat meneduh sambil menikmati semilir angin dari laut.

Pantai Trisik

Berwisata dipantai ini tentunya akan sangat menyenangkan dengan berbagai keindahannya. Pantai ini memiliki nuansa yang berbeda dengan pantai lainnya karena masih alami. Suara-suara burung pantai masih bisa didengar dipantai ini. Bahkan pantai ini juga menjadi tempat persinggahan bagi burung-burung yang melakukan migrasi.

Sehingga dalam suatu waktu, pengunjung dapat melihat banyak burung-burung yang bukan asli Indonesia berada dipantai ini. Pantai Trisik ini termasuk pantai yang landai sehingga ketika air surut bisa untuk mandi sambil bermain air.

Pantai Trisik juga digunakan sebagai tempat untuk penangkaran penyu. Penangkaran penyu ini menjadi daya tarik utama pantai Trisik. Keberadaan penangkaran penyu dilakukan oleh masyarakat sekitar yang sadar akan tentang pelestarian penyu. Penangkaran penyu ini oleh masyarakat disebut dengan Konservasi penyu abadi.

Pantai Trisik @estu_mrs

Namun saat musim bertelur, penyu-penyu tidak akan terlihat karena hanya datang ke darat pada malam hari untuk bertelur kemudin kembali ke laut lagi pagi hari. Seperti pantai lain di Kulon progo, Pantai Trisik ini juga memiliki laguna. Di laguna ini pengunjung dapat menikmati air sambil foto-foto di spot selfie yang telah disediakan.

Disekitar pantai Trisik ini terdapat tempat untuk pelelangan ikan. Tempat pepelangan ikan berada diarea tempat masuk pantai. Tempat ini sebagai menjadi jantung perekonomian bagi masyarakat sekitar pantai. 

Selain itu juga terdapat kegiatan warga yang sedang mengeringkan enceng gondok. Enceng gondong ini setelah kering akan dibuat untuk kerajinan yang kemudian didistribusikan ke pengrajin lain untuk menghasilkan barang-barang seperti tas, sendal, dan lainnya.

Apabila ingin berkunjung ke pantai Trisik, pengunjung cukup membayar taris sebesar Rp. 5.000 dan biaya parkir Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Pengunjung bebas berkunjung kapan saja karena tidak ada batasan jam kunjung. Namun, jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik atau ke pelelangan ikan sambil beradu dengan ombak disarankan untuk kesana pagi atau sore hari

Pantai Trisik @letsshop.id

Ketika mengunjungi pantai ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah. Terdapat sawah-sawah dipinggir jalan, serta area perkebunan kelapa yang luas. Ditambah lagi gugusan pohon cemara udang yang hijau berada seperti gerbang menuju area pantai. pantai Trisik ini terletak di Brosot, Galur, Kulon progo. Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 37 Km.

Untuk menuju kesana dapat melalui jalan Wates, atau bisa juga lewat Bantul, tetapi sangat disarankan lewat Bantul, karena selain lebih dekat, lalu lintasnya juga lebih lengang dari pada jalan Wates. Untuk rutenya yang pertama ambil jalan Bantul, kemudian lurus sampai menemukan perempatan Palbapang. 

Selanjutnya ambilkan kanan atau ke arah barat dan melewati Jembatan panjang Srandakan. Setelah itu lurus dan ikuti plang petunjuk ke arah pantai Trisik.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Keindahan Pantai Ngrawe, Perpaduan Antara Taman dan Pantai

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon