9 Sep 2020

Gardu Pandang Sangkar Unik di Lemah Rubuh Imogiri, Bantul

Lemah Rubuh @isthachalistha

Beberapa waktu lalu sempat viral sebuah tempat wisata yang menakjubkan berupa sangkar. Tempat itu berada di Lemah rubuh, Selopamioro, Imogiri. Spot keren inilah yang menjadi daya tarik utama di tempat wisata Lemah rubuh.

Lemah rubuh terletak dipinggiran sungai oya dan dikelilingi kawasan bukit-bukit yang menghasilkan panorama yang begitu indah. Ditambah lagi aliran sungai oya yang jernih dan tidak terlalu dangkal namun luas.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Banjir bandang kali Oya pada tahun 2017 yang membuat jembatan gantung Imogiri terputus justru malah menjadikan berkah tersendiri. Tempat yang dulu hanya digunakan untuk mancing warga sekitar atau memandiin ternak, kini menjadi tempat wisata yang menawan dan sayang untuk dilewatkan. 

Pemandangan berupa pohon-pohon hijau dan udara yang segar menjadi ciri khas wisata Lemah rubuh sebagai tempat wisata alam. Hal yang demikian tentu sangat baik untuk sejenak melepas penat dan melupakan hiruk-pikuk perkotaan untuk merefreshkan pemikiran.

Lemah Rubuh @enyy_tyash

Disini pengunjung dapat menikmati spot-spot foto yang disediakan, bahkan bisa mengambil spot sendiri dengan view yang menawan. Namun, spot sangkar merupakan yang terbaik yang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Tentu bakal menyesal kalau tidak foto didalam sangkar.

Meskipun begitu terdapat pula spot-spot lain yang berdekatan seperti Batu Titanic dan lainnya. Meskipun begitu tentu rasanya sangat tidak lengkap jika tidak bermain air disungai yang jernih ini sambil memandang bukit yang hijau.


Wisata lemah rubuh sendiri sebenarnya masih dalam pengembangan. Sehingga untuk pengunjung yang ingin kesana tidak dipungut biaya. Hanya membayar retribusi parkir sebesar Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. 

Untuk sementara ini fasilitas yang tersedia adalah toilet, area parkir, dan pendopo. Untuk wahana permainan belum tersedia, namun pengunjung bisa mencoba wahana ditempat wisata yang ada didekat Lemah rubuh. Meskipun begitu tak menutup kemungkinan lemah rubuh bakal berkembang menjadi destinasi wisata yang lebih baik lagi.

Lemah Rubuh @mellyrakhma

Tempat wisata Lemah rubuh terletak di Dusun Lemah rubuh, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Jarak dari pusat kota sekitar 22 Km ke selatan. Untuk mencapai kesana, pengunjung bisa memulai dari terminal Giwangan kemudian keselatan melewati jalan Imogiri timur sampai mentok pertigaan patung kuda, kemudian ambil kanan setelah itu ambil kiri menuju arah Siluk/ Panggang. 

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Kemudian lurus ikuti jalan sampai ketemu jembatan Siluk lurus. Setelah sampai SMP 3 Imogiri akan ada pertigaan maka ambil kiri (jalan aspal yang kecil). Selanjutnya lurus ikuti jalan tersebut sampai sekitar 2 Km. Setelah itu anda akan menemukan lokasi wisata Lemah rubuh yang tak jauh dari jalan.

Jika ingin berkunjung kesini disarankan memakai kendaraan roda 2 saja karena jalannya relatif sempit. Sehingga akan lebih mudah untuk sampai kesana. Jalan yang dilalui sampai lokasi sudah beraspal mulus, namun ada sedikit jalan menanjak dan menikung meskipun tidak terlalu tajam sehingga tetap perlu berhati-hati. Untuk mendapatkan yang terbaik, kunjung saat pagi atau sore hari.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon