6 Okt 2020

Pesona Bandara Yogyakarta International Airport Yang Memanjakan Mata

Yogyakarta Internasional Airport YIA @albetgunawan_

Pada fungsi dasarnya, bandara merupakan sebuah tempat untuk menjalankan transportasi udara. Bandara digunakan sebagai tempat bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan mode transportasi udara berupa pesawat terbang. Bandara sebagai tempat landing atau take off pesawat yang membawa penumbang dari dan ke berbagai tujuan.

Yogyakarta memiliki bandara yang telah lama digunakan yaitu Adi Sucipto Airport. Akan tetapi sejak bulan maret 2020 penerbangan pesawat komersial besar dialihkan menuju bandara baru yaitu Yogyakarta Internasional Airport. Namun sebenarnya bandara ini baru selesai seluruhnya dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Agustus 2020 kemarin.


" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Pantai Dari Ketinggian Gunung Selok View Di Cilacap

Yogyakarta Internasional Airport
Sumber foto http:www.instagram.com

Bandara yang berada di kabupaten Kulon Progo ini kemudian rame digunakan untuk penerbangan dari Yogyakarta maupun sebaliknya. Bandara ini didesain dengan konsep yang luar biasa dan sangat megah dengan gaya modern namun dipadukan bangunan historis Jogja. Disetiap sudut bandara disuguhkan berbagai karya seni yang menggambarkan kota Yogyakarta sehingga suasana dan kesan Jogja akan terasa ketika memasuki area bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Karena keindahan bangunan dan panorama yang disajikan di YIA, tak hanya penumpang pesawat saja yang rela mengunjungi tempat ini. Banyak juga para pengunjung yang datang hanya untuk menikmati keindahan dan karya seni yang ada di area bandara ini.Terlebih ketika pandemi, banyak goweser yang justru memanfaatkan lengangnya bandara untuk mengekploitasi pesona yang ada di bandara YIA.

Yogyakarta Internasional Airport
Sumber foto http:www.instagram.com

Sejak pintu masuk bandara, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menarik. Dari area masuk toll gate sampai drop zone pengunjung akan disuguhkan Semar Tinandu dengan tulisan Yogyakarta International Airport.

Selanjutnya terdapat patung Hamemayu Hayuningrat yaitu seorang wanita yang tangan kirinya menengadah ke atas dan tangan kanannya memegang bokor. Terdapat pula Gunungan yang menjulang tinggi disebelah selatannya.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Setelah itu kearah selatan drop zone pengunjung akan melihat taman bale kambang dan juga plengkung gading ketika memasuki drop zone. Tempat ini sangat khas dengan bengunan historis Jogja. Terdapat pula lampu-lampu dan tempat duduk yang sangat khas dengan suasana jalan Malioboro sementara bagian atasnya berbentuk "kawung" dengan dihiasi lighting yang akan terlihat indah pada malam hari.

Dibagian pick up zone, terdapat miniatur taman sari lengkap dengan kolam airnya. Disebelah barat terdapat masjid Al-Akbar yang bentuknya unik dengan arsitektur yang sangat indah dan menawan. Dibagian dalamnya pun dilengkapi sebuah karya seni.

Yogyakarta Internasional Airport
Sumber foto http:www.instagram.com

Ketika berkunjung kesini pengunjung akan serasa berkeliling Jogja dengan landmark dan ikon-ikonnya yang ada dibandara ini. Selain itu disana pengunjung akan diperdengarkan dengan alunan gamelan Jawa yang bakal membuat suasana semakin nyaman. Public announcements nya pun menggunakan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Jawa dan Inggris.

Pesona luar biasa ini tentu akan membuat banyak yang penasaran ingin mengunjungi meskipun tidak ingin naik pesawat. Spot-spotnya yang keren itu sampai membuat penasaran terutama karena viral di media sosial. Bahkan ada yang sampai datang rombongan hanya untuk berkunjung dan berfoto-foto dengan spotnya yang istagramable diarea bandara YIA.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821
Spot yang menarik bagi para pemburu foto antara lain spot gunungan wayang, spot plengkung gading di drop zone, bedhaya kinjeng wesi serta beberapa ornamen lain yang khas dengan budaya Jogja. Ada juga relief-relief yang menarik untuk dijadikan sebagai background foto.

Selain itu yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah taman Bale kambang. Bale kambang merupakan sebuah kolam yang diatasnya terdapat gazebo segidelapan untuk ruang publik. Bangunan ini dibangun sebagai penghormatan budaya keraton Ngayogyakarta sekaligus menampilkan ciri khas budaya lokal di YIA.

Yogyakarta Internasional Airport
Sumber foto http:www.instagram.com

Sebagai fasilitas umum, tentunya semua bebas mengunjungi bandara ini tanpa dipungut biaya. Hanya dipungut retribusi parkir per jam. Sehingga semakin lama disana, biaya parkir semakin mahal. Bandara YIA juga dapat diakses menggunakan moda angkutan umum. Ada bus Damri dan Satel-Q Effisiensi yang melayani trayek kesana. Ada juga kereta bandara namun belum sampai kesana sehingga perlu dilanjutkan dengan naik bus Damri dan ada juga travel-travel serta taksi yang menyediakan jasa menuju bandara maupun bandara.

Bandara YIA beralamat di Kepek, Temon Wetan, Temon, Kulon Progo. Lokasinya sangat mudah ditemui karena berada di jalan Nasional III Wates - Purworejo. Jika dari Jogja, cukup menelusuri jalan Wates, akan sampai kesana tanpa khawatir tersesat.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Hutan Pinus Prabalintang Yang Unik Dengan Kolam Alami

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon