30 Sep 2020

Memandang Luasnya Waduk Gajah Mungkur Dari Ketinggian Watu Cenik

Watu Cenik. @meiwidya

Wonogiri merupakan sebuah kabupaten yang memiliki waduk yang bisa dibilang sangat luas, bahkan waduk tersebut nyaris seperti laut. Waduk itu bernama waduk Gajah mungkur. Waduh gajah mungkur dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo dan digunakan untuk berbagai kebutuhan terutama irigasi.

Waduk gajah mungkur juga digunakan untuk beternak ikan dengan keramba-kerambanya. Selain itu tentunya waduk Gajah mungkur merupakan destinasi wisata menarik yang ada di kabupaten Wonogiri. Wisata waduk ini berkaitan dengan melihat waduk dari dekat atau menyusuri luasnya waduk.

Pada akhir-akhir ini, terdapat sebuah spot tebing yang menarik untuk melihat luasnya waduk Gajah mungkur dari ketinggian. Tersebut dibuat wisata dengan nama Watu cenik. Tebing yang memiliki ketinggian 320 meter diatas permukaan laut sangat cocok untuk menimati panorama dengan view birunya air waduk.



Watu Cenik menawarkan pesona yang luar biasa sebagai daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya. Saat berada Watu Cenik, pengunjung akan disajikan dengan panorama berupa barisan pegunungan hijau yang mengelilingi Wonogiri.

Ketika menghadap ke selatan, akan tampak luasnya waduk Gajah mungkur yang memanjang dari utara ke selatan dengan panorama yang begitu indah. Hijaunya barisan pegunungan dan pepohonan dipadukan dengan birunya waduk akan menghasilkan sebuah panorama tersendiri.

Wisata Watu Cenik ini juga sudah ditata dengan baik oleh pengelolanya. Sehingga akan semakin membuat nyaman bagi wisatawan yang berkunjung. Jalan setapak dibuat dengan baik dan nyaman untuk dilewati tidak licin lagi. Tidak sampai disitu saja, untuk menambah keindahan wisata Watu cenik, terdapat pula spot-spot dengan ornamen-ornamen menarik dan kekinian.

Ada ikon menarik yang bertuliskan "Watu Cenik" diarea tebing yang bakal menarik untuk dijadikan spot foto sambil memandang indahnya waduk Gajah mungkur. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus menuruni anak tangga ke arah timut. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang tulisan dan ditambah bentang alam waduh dan juga pegunungan dibelakangnya.

Ada juga spot yang sangat instagramable yaitu balon udara. Spot ini sangat recomended untuk yang gemar berburu foto. Selain itu juga menarik untuk melihat waduk dari ketinggian, bahkan dapat dieksploitasi dari berbagai sudut.

Di area wisata Watu cenik ini juga terdapat jalan setapak yang terbuat dari kayu. Jalan setapak ini disebut dengan Path walk. Path walk ini dapat digunakan untuk menyaksikan mata hari terbit diufuk timur atau duduk merenung untuk menentramkan hati.

Di sini pengunjung dapat menikmati sambil berjalan menyusuri pathwalk atau duduk disini sambil menikmati sinar matahari disore hari. Angin yang berhembus disekitar sini bakal membuat suasana semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama. Tetapi ketika di pathwalk ini harus hati-hati terutama jika ingin berfoto-foto mengingat tempat ini berada diketinggian.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Di Watu cenik ini juga terdapat gazebo-gazebo yang semakin nyaman untuk menikmatik suasana waduk. Sambil beristirahat, pengunjung dapat melihat panorama alam yang tersedia disini.

Harga Tiket Masuk Wisata Gajah Mungkur
Untuk berkunjung ke Watu cenik, pengunjung perlu membayar tarif sebesar Rp.5.000. Dengan tarif segitu, pengunjung dapat mengunjungi tiga tempat sekaligus yang berada dibawah pengelolaan Bumdes Sendang Penilih yaitu Watu cenik, Puncak joglo, dan Menara pandang soko gunung.

Di sini juga sudah terdapat warung-warung makan yang menyajikan berbagai hidangan. Sehingga tak perlu khawatir jika tidak membawa bekal. Fasilitas yang tersedia juga sudah lumayan lengkap dengan area parkir yang luas, toilet, mushola, spot foto kekinian bahkan dibeberapa lokasinya sudah tersedia wi-fi. Hanya saja untuk kesini jalanan agak menanjak.

Rute dan Lokasi Wisata Gajah Mungkur
Watu Cenik berada disekitar waduk Gajah mungkur dengan alamat Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Dari pusat kota Wonogiri hanya berjarak 7,5 Km berada disebelah selatan.

Rute yang dilalui cukup mudah yaitu melalui jalan Wonogiri - Pracimantoro sejauh 6 Km. Setelah itu berbelok menuju arah perbukitan ditepi waduk Gajah mungkur ke kanan jalan hingga kawasan perbukitan. Disekitar situ, sudah ada petunjuk untuk menuju kesana sehingga akan memudahkan pengunjung.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Pantai Dari Ketinggian Gunung Selok View Di Cilacap

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon