20 Sep 2020

Menikmati Ketenangan Hidden Paradise Pantai Widodaren, Gunungkidul

Pantai Widodaren. @fandiryan

Gunung kidul merupakan daerah yang kaya akan wisata pantainya. Dari ujung barat sampai ujung timur dapat dieksploitasi dan terus berkembang menjadi tempat wisata yang mempesona. Setiap tahun selalu bermunculan dan dibuka menjadi wisata yang baru.

Pantai di Gunung kidul berada disebalah barat dan sebelah. Disebelah barat lebih dekat jika tempuh dari Bantul melalui jalur pantai sedangkan dari timur melalui jalan pantai Baron dan sekitarnya. Pantai yang berada disebelah timur pada umumnya lebih cepat berkembang karena akses jalan yang lebih baik, sementara untuk dibagian barat cenderung lebih lama dan sepi karena aksesnya yang masih belum memadahi.

Meskipun begitu, pantai-pantai yang berada disisi barat Gunung kidul tidak kalah menarik dari yang ada disisi timur. Bahkan ada beberapa yang justru lebih indah karena pantai-pantai ini belum tereksploitasi. Hal itu karena akses menuju kesana perlu perjuangan yang lebih karena jalannya yang terjal dan berbatu.


Pantai Widodaren merupakan salah satu pantai yang terdapat dipesisir bagian barat Gunung kidul. Pantai yang terletak tidak jauh dari pantai Ngrenehan ini menawarkan pesona yang masih alami. Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat dengan pemandangan yang ditawarkan.

Nama pantai Widodaren memiliki arti bidadari. Nama ini rasanya sangat pas untuk disematkan karena pantai ini memang memiliki keindahan dan cantik. Pantai ini terdiri dari bebatuan karang yang memiliki pasir putih dan lembut.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821
Pada bagian atas tebing ini terdapat area hijau yang dipenuhi oleh rerumputan yang menjadi daya tarik pantai ini. Area hijau ini sering digunakan oleh pengunjung sebagai area camping. Selain itu pengunjung dapat turun tebing melalui tangga kayu yang disediakan untuk menikmati keindahan pasir putih.

Momen-momen yang paling dinantikan adalah sore hari menjelang malam. Dari sini akan nampak jelas sunset terbenam dan menguning dibagian barat. Pengunjung juga banyak bermalam dan memenuhi area ini ketika akhir pekan untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Ombak yang berada dipantai ini tidak terlalu ganas sehingga dapat digunakan untuk bermain air. Pantai ini juga cenderung masih sangat sepi, sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri sambil merasakan ombak yang tenang dan disertai semilir angin. Bermain dipantai ini serasa bermain dipantai pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Widodaren
Pantai yang indah nan sunyi ini dapat dinikmati dengan membayar tarif masuk Rp.5.000. Pantai ini buka 24 jam dengan parkir yang dijaga penuh dengan membayar biaya Rp.2.000. Hanya saja fasilitas dipantai ini belum sepenuhnya lengkap.

Untuk kamar mandi sudah ada diatas bukit, tetapi untuk warung makan. Hanya ada sedikit warung kecil yang ada disini dan menyediakan makanan ringan, minuman seperti kopi atau teh, dan juga ada pop mie atau mie rebus. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal jika ingin kesini.

Untuk menuju pantai ini perlu perjuangan yang ekstra. Selain jauh, akses yang menuju kesini juga masih belum memadai dan bisa dikatakan buruk. Pengunjung diharuskan untuk menyusuri jalan setapak, membelah hutan dan perbukitan sebelum memperoleh pemandangan yang indah dan memanjakan mata ini.

Rute dan Lokasi Pantai Widodaren
Rute yang dapat diambil jika dari kota Yogyakarta yaitu melalui jalan Imogiri timur ke selatan, kemudian kearah Siluk dan naik menuju arah Panggang, melalui Kopi Panggang, Kecamatan Panggang, jalan Lintas selatan, Panggang - Saptosari.

Pada petigaan sebelum SMKN 1 Saptosri ambil kanan dan ikuti jalan hingga menemukan arah Pantai Ngrenehan kemudian ambil arah pantai Widodaren. Pantai Widodaren yang juga sering disebut dengan Midodaren ini beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon