18 Sep 2020

Studio Alam Gamplong Sleman, Mini Hollywood Asal Indonesia

Studio Alam Gamplong

Masa pemerintahan Hindia Belanda merupakan masa ketika Indonesia diperintah dan dikuasai oleh Belanda. Masa ini merupakan masa kolonialisme di negeri ini dan juga di negeri Asia - Afrika pada umumnya. Masa ini identik dengan penjajahan dan berbagai upaya peperangan untuk mengusir penjajah Belanda sampai datangnya Jepang tahun 1942 yang mengakhiri pemerintahan Hindia Belanda.

Meskipun pada masa ini penduduk pribumi ditindas dan ditempatkan pada kelas terendah, tetapi Belanda tidak membiarkan daerah jajahannya begitu tertinggal. Pemerintah Hindia Belanda juga membangun kota-kota dengan berbagai fasilitasnya. Pemeritah Hindia Belanda juga membangun fasilitas seperti kota-kota Eropa pada masa itu.

Dulu gedung-gedung megah dan pabrik-pabrik dibangun untuk mengisi kas negara dan juga negara penjajah. Terdapat juga fasilitas-fasilitas angkutan umum seperti kereta api dan juga trem yang menjadi kendaraan primadoda pada masanya. Kini yang dapat kita jumpai hanyalah gedung-gedungnya yang megah dengan nuansa Eropanya seperti kantor Pos besar Yogyakarta, Bank Indonesia atau benteng Vredeburg.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional

Studio Alam Gamplong
Sumber foto http:www.instagram.com
Meskipun penjajahan tidak dibenarkan, mengingat dan membayangkan masa lalu sah-sah saja. Terutama masa-masa klasik zaman penjajahan atau awal kemerdekaan. Di Jogja tepatnya kabupaten Sleman terdapat sebuah tempat yang dapat mengingatkan tentang masa kehidupan zaman Hindia Belanda. tempat itu adalah Studio alam gamplong.

Studio Alam Gamplong merupakan sebuah tempat syuting film yang dibuat oleh sutradara kondang Hanung Bramantyo. Studio alam gamplong berisi tempat-tempat yang klasik dan cocok bagi yang ingin mengenang masa lalu dulu. Studio alam gamplong ini tercatat telah digunakan sebagai lokasi syuting film-film klasik yaitu Sultan Agung, Bumi Manusia dan Habibie - Ainun 3.

Studio alam gamplong ini dibangun diatas tanah seluas 2 hektar. Dalam Studio alam gamplong ini dibuat sejumlah replika bangunan seperti pada penjajahan seperti benteng Batavia yang menjadi bangunan paling menarik untuk diperhatikan. Jika berada di benteng ini, pengunjung akan merasakan seperti berada pada masa penaklukan Jan Pieterzoon Coen atas Jakarta.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Studio Alam Gamplong
Sumber foto http:www.instagram.com
Benteng ini memiliki pintu yang kokoh tinggi menjulang layaknya pintu kastil di Eropa. Pintu ini sebagai tempat masuk menuju Batavia. Didalamnya terdapat bangunan-bangunan khas dengan Belanda.

Dekat dari situ ada juga kampung Cina yang mana pada masa itu, pemerintah Hindia belanda mengumpulkan orang-orang Cina menjadi satu dan membentuk kampung Pecinan. Disalah satu bangunan ini juga diberi tulisan huruf mandarin yang makin membuat kental akan suasana Cina nya. Bangunan-bangunan ini diset menjadi mirip dengan pertokoan Cina pada masa lalu lengkap dengan aksesorisnya.

Tak jauh dari situ juga terdapat kompleks kampung Mataram. Kompleks ini menggambarkan kondisi di Mataram pada tahun 1600 an. Diarea ini terdapat replika bangunan yang menggambarkan sebagai pendopo Sultan Agung pada masa itu. Tempat ini berada diseberang rumah-rumah kampung. Ada juga replika pasar pada masa lalu.

Studio Alam Gamplong
Sumber foto http:www.instagram.com
Selain itu terdapat rumah-rumah klasik yang mungkin adalah rumah orang Belanda. Diantara rumah-rumah ini terdapat sebuah rel kereta trem. Tempat ini mengisahkan seperti keadaan kota Surabaya pada tahun 1900. Pada masa itu trem merupakan moda transportasi yang banyak digunakan pada masa itu.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk berfoto-foto karena mengingatkan pada jaman dahulu kala. Namun, di studio ini terdapat aturan bahwa berfoto hanya bisa dengan kamera handphone saja. Apabila menggunakan kamera, harus menghubungi petugas untuk meminta tanda izin menggunakan kamera pro.

Studio alam gamplong ini masih terus dikembangkan meskipun proyeknya filmnya sudah selesai karena telah diserahkan ke bupati Sleman. Tetapi sudah sangat bagus dan instagramable. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, pengunjung dapat kesini pada jam buka nya hari selasa sampai minggu pukul 07.30 - 17.00 dan hari senin tutup. Untuk tiket masuknya bayar seikhlasnya dimasukkan kota infak.

Studio Alam Gamplong
Sumber foto http:www.instagram.com
Studio alam gamplong berada di Jl. Dusung Gamplong, Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman. Jarak dari Jogja sekitar 14 Km. Untuk kesana, dapat memulai rute dari jalan Wates, Kemudian pertigaan Gedongan ambil kanan (terdapat plang arah Gamplong).

Setelah jembatan belok kiri, ada pertigaan kemudian belok kanan, setelah pertigaan belok kiri, ada perempatan belok kanan, kemudian belok kiri lagi dan sampai situ akan ada petunjuk arah ke Studio Alam Gamplong.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Laut Bekah, Menikmati Pemandangan Laut Lepas Dari Ketinggian

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon