15 Sep 2020

Bakal Puas Dengan Wisata Terbesar di Jawa Tengah, Saloka Park

Gerbang Saloka. @nativeindonesia.com

Berlibur kempat wisata dengan berbagai wahana merupakan sebuah dambaan semua orang. Seru-seruan menikmati liburan dengan berbagai banyak hal sampai lelah, namun tak terasa lelah karena terus ingin mencoba semuanya. Jika di Jawa Timur ada Jatim Park, Jawa Tengah sepertinya tak mau kalah dalam membangun wahana-wahana destinasi wisata yang besar dan lengkap.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Ada Winter di Citra Grand Mutiara Waterpark Gamping, Sleman

Saloka Theme Park muncul sebagai destinasi wisata baru. Tempat wisata merupakan yang terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Dibangun diatas lahan seluas 18 hektar, tentu saja menjadikan Saloka menjadi yang terbesar diantara yang lain. Sebagai yang terbesar, Saloka theme park berisi banyak wahana yang dapat memuaskan pengunjung yang berkunjung ke sana.

Saloka Theme Park. source: travel.tribunnews.com

Saloka theme park memiliki banyak wisata yang bakal menarik minat pengunjung untuk mencobanya. Rasanya tak bakalan cukup untuk melewati jika hanya beberapa jam saja. Bahkan seharian pun belum tentu cukup untuk memuaskan pengunjung. Saking lengkapnya, area Saloka sampai dibagi menjadi beberapa zona yang menyediakan tempat dengan tema sesuai zonanya.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Salah satu wahana di Saloka theme park. source: solopos.com

1. Zona Pesisir
Pesisir merupakan daerah yang berada diarea dekat laut. Pesisir ibarat dengan pantai, sehingga di Saloka ini, dibuatlah sebuah area menarik yang mirip dan memiliki nuansa pantai. Dekorasi zona ini mulai dari interior sampai bangunannya akan membawa pengunjung seakan-akan berada dipantai.

Wahana yang berada di zona pantai ini diantaranya lumbung galilleo, tama galilleo, replika kapal jenju sampai arena jejogedan. Di arena jejogedan ini terkadang ada acara hiburan gratis selama beberapa waktu. Di zona ini juga terdapat cafe yang menyediakan beberapa kuliner untuk memanjakan lidah.

2. Zona Balalantar
Zona Balalantar ini terinspirasi dari hutan belantara. Sehingga dizona balalantar ini sangat terasa banget nuansa hutannya. Zona ini akan membawa pengunjung untuk menikmati suasana hutan sungguhan yang mana dekorasi dibuat serba hijau dengan bentuk bangunan mirip rumah pohon dan jamur.

Didepan pintu masuk, pengunjung akan disambut Resi Waringin, yaitu pohon besar bijak penghuni hutan. Di zona balalantar ini pengunjung dapat menikmati beberapa wahana yang tersedia antara lain wahana angon ingon, kumbang layang, argowisata ijo royo-royo, jamur apung, safari bocah, adu nyali dan adu tangkas.

Angon ingon merupakan sebuah kebun binatang yang terdapat di wisata Saloka theme park. Kebun binatang ini memiliki luas 1.240 meter persegi. Wahana ini dapat digunakan sebagai tempat untuk mengedukasi anak tentang binatang dengan jenis-jenis binatang antara lain bermacam-macam burung, unggas, kelinci, dan binatang lainnya.

3. Zona Kamayayi
Zona Kamayayi ini merupakan sebuah zona yang berupa permainan anak. Di zona ini terdapat wahana-wahana permainan anak dan juga tempat untuk belajar. Namun tak menutup kemungkinan bagi orang dewasa untuk menikmati wahana-wahana yang tersedia disini.

Di zona kamayayi ini terdapat 7 wahana menarik yaitu polah bocah, kupu-kupu, pinguin, tata-titi, semprat-semprot, komidi kuda laut, dan teka teko. selain itu, di zona kamayayi ini dilengkapi dengan beberapa resto menarik berbentuk foodtruck dan juga terdapat kedai es krim.

4. Zona Ararya
Zona Ararya ini merupakan zona dengan wahana menantang yang menguji adrenalin. Zona ini sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai tantangan. Pada umumnya zona ini digunakan untuk pengunjung berusia remaja dan dewasa.

Beberapa wahana di zona ini ada yang tergolong wahana ekstream seperti bengak-bengok, senggal-senggol, obat-abit dan paku bumi. Namun ada juga wahana yang tidak terlalu menantang yaitu kolam bebek. Disini terdapat juga rimba cafe untuk mengisi perut dengan berbagai sajian makanan dan minuman.

5. Zona Prada
Zona Prada ini merupakan sebuah zona yang berisi wahana air dan untuk basah-basahan. Di zona ini pengunjung dapat mencoba berbagai wahana seru-seruan dengan semua permainan air. Beberapa wahana air disini juga ada yang memicu adrenalin.

Salah satu wahana di Zona balalantar. source: blog.tiket.com

Zona ini mengangkat tema pertambangan yang memadukan antara wahana bermain dan kuliner. Di zona ini terdapat wahana gonjang-ganjing dan kedai daimami. Wahana gonjang ganjing ini merupakan wahana arum jeram sepanjang 360 meter yang memberikan pemandangan area pertambangan.

Sementara untuk kedai daimami merupakan sebuah foodcourt 2 lantai yang menawarkan masakan ala-ala Jepang. Salah satu menu favorit di kedai ini adalah beef katsu dan chicken katsu. Kedai daimami ini dapat digunakan untuk gathering.

Jika ingin kesana, pastikan melihat jam buka nya. Jam operasional tempat wisata ini berbeda-beda menyesuaikan hari kerja dan hari libur. Untuk senin sampai kamis, Saloka buka pukul 10.00 - 18.00, untuk hari jum'at pukul 14.00 -20.00. Sementara untuk hari sabtu atau minggu buka pukul 10.00 - 20.00 WIB.

Wahana pinguin. source: daerahkita.com

Harga Tiket Masuk ke Saloka Park
Harga tiket untuk masuk dentinasi wisata ini dibedakan antara weekday dengan weekend. Untuk hari senin - jum,at (weekday) tarif masuknya sebesar Rp. 120.000. Sedanglan untuk hari sabtu atau minggu (weekend) dan hari libur harga tiketnya Rp. 150.000.

Rute dan Lokasi Saloka Park
Saloka theme park ini berada di Desa Lupait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Letak di jalan utama Semarang - Solo. Tempat wisata ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya yang berada dipinggir jalan besar berada disebe;ah jembatan Tuntang.

Untuk menuju ke sana, rute yang dapat dilalui, Jika dari Semarang, dapat melewati Tol Trans Jawa dan keluar di Exit tol Bawen, selanjutnya ambil kiri menuju arah Salatiga dan ikuti jalan hingga menemukan tempatnya. apabila dari Solo, dapat keluar di Exit tol Salatiga kemudian melalui jalan arah Semarang. Saloka ini terletak tidak jauh dari Rawa Pening.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon