15 Sep 2020

Napak Tilas Sambil Melihat 3 Kota Sekaligus dari Ketinggian di Puncak Widosari

Puncak Widosari dinpar.kulonprogokab


Bagi penyuka wisata puncak sambil menjajal jalur ekstrim, Kulon progo lah tempat yang dapat direkomendasikan. Kulon progo merupakan daerah yang tediri dari area persawahan diselatan dan juga area perbukitan disebelah utara. Area perbukitan ini dikenal dengan gugus pengunungan Manoreh. 


Pegunungan Manoreh memiliki banyak puncak yang berada diatas ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Tempat yang setinggi ini menyajikan panorama yang menawan disertai dengan cuaca yang dingin dan tak jarang berkabut hingga seperti negeri diatas awan.

Puncak Widosari merupakan salah satu gunung yang berada dalam gugus Manoreh. Puncak Widosari ini berada diketinggian 1.017 mdpl. Konon katanya, puncak Widosari ini merupakan salah satu tempat pertapaan Pangeran Diponegoro.

Disini pengunjung dapat merasakan suasana yang dengan menikmati keindahan panorama dan ketengangan dari atas bukit hijau yang tinggi. Dari ketinggian sini, pengunjung dapat melihat kota Jogja, Purworejo, serta Magelang dari kejauhah diatas bukit.

Puncak Widosari @eksplore.kulonprogo

Nampak juga gunung-gunung dari kejauhan yaitu Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Puncak Widosari menyajikan hamparan hijau yang luas. Terdapat pohon-pohon yang hijau dibawahnya dan membentuk warna yang kontras dengan biru langit dikejauhan. Sungguh menjadi pemandangan yang memberi kenikmatan tersendiri. Belum lagi jika berkabut, rasanya seperti berada diatas awas.

Untuk menuju puncak tertingginya, pengunjung harus naik tangga yang lumayan tinggi dari lokasi parkir. Namun, setiap beberapa titik ada tempat peristirahatan untuk istirahat sebentar sambil menghela napas jika tidak kuat langsung naik ke puncak.

Jalur anak tangga ini konon berjumlah sebanyak 240 anak tangga. Sehingga untuk dapat naik, perlu perjuangan dan tenaga yang ekstra. Namun, ketika sudah sampai atas, pemandangan yang disajikan sebanding dengan usaha menaiki anak tangga. Dijamin pengunjung tidak akan kecewa karena keindahan pemndangan yang disuguhkan.

Tempat ini juga cocok untuk melihat sunrise dan sunset karena berada diketinggian. Hanya saja jalan untuk kesana masih gelap jika datang terlalu pagi atau malam hari. Akan tampak juga bukit-bukit yang hijau sepanjang mata memandang.

Puncak Widosari @ruslimages

Akan lebih indah lagi jika tidak terhalang kabut karena bakal melihat tiga kota sekaligus. Ciri khas dari puncak Widosari ini adalah bongkahan batu raksasa yang unik. Bongkahan batu ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Latar belakang bongkahan batu tersebut dapat digunakan sebagai spot foto yang bagus.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari
Ketika berkunjung kesini, pengunjung dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti tempat duduk dan spot-spot foto. Diarea Puncak Widosari ini sudah tersedia tempat makan dan tersedia juga toilet dan mushola. Harga tiket masuk puncak Widosari sebesar Rp.2.000 per orang, dan tarif parkit Rp. 2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Rute dan Lokasi Puncak Widosari
Lokasi menuju puncak Widosari ini termasuk mudah dijangkau. Jalan untuk menuju kesana sudah teraspal sampai ke area parkir puncak Widosari. Setelah itu baru pengunjung menaiki anak tangga satu persatu. Puncak Widosari ini termasuk jauh dari Pusat kota Jogja. Jaraknya kurang lebih 39 Km dan waktu tempuh lebih dari 1 jam perjalanan.

Untuk mencapai Puncak Widosari ini, dari kota Jogja, dapat dimulai dari Tugu Jogja kemudian lurus terus sampai melewati jalan Godean. Perempatan Ringroad barat masih lurus mengikuti jalan Godean hingga perempatan simpangan dengan jalan Godean - Tempel.

Puncak Widosari

Lalu ambil arah kanan menuju utara melewati jalan Gedongan - Tempel hingga pertigaan kemudian ambil kiri dan ikuti jalan sampai mentok pertigaan kemudian belok kanan sampai perempatan kecil dan belok kiri.

kemudian lurus ikuti jalan sampai menuju jalan Kebon agung, setelah itu belok kan dan belok kanan lagi di lapangan Kebon agung kemudian lurus ikuti jalan hingga memasuki kabupaten Kulon progo. Kemudian lurus melewati patung Garuda Dekso dan ikuti jalan menuju Samigaluh sampai menemukan Rino cell, setelah itu ambil kanan kemudian ikuti jalan hingga menemukan petunjuk lokasi.

Lokasi Puncak Widosari ini berada tak jauh dari kebun teh Nglingo. Untuk menuju kesana, tetap gunakan google maps dan juga tanya ke orang apabila kebingungan. Pastikan motor yang digunakan sehat dan tidak mengalami kendala terutama rem karena untuk menuju kesana harus melewati jalur yang ekstream. Sehingga perlu cek kendaraan terlebih dahulu.

Usahakan baterai handphone awet dan full agar bisa untuk gps dan juga foto-foto. Sebelum berangkat, pastikan juga mengisi bbm terlebih dahulu karena ketika sudah sampai jalan naik, sudah tidak ada SPBU bahkan penjual bensin eceran pun jarang ditemui. Meski menantang, jangan perlu ragu untuk berkunjung karena tempat bagus perlu ditempuh dengan perjuangan.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Ada Winter di Citra Grand Mutiara Waterpark Gamping, Sleman

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon