15 Sep 2020

Keindahan Berbalut Mistis di Goa Langse Gunungkidul, Yogyakarta

Goa Lengse @rafirss

Gunung kidul merupakan daerah dengan berbagai macam destinasi wisata, ada wisata alam, ada juga wisata bertema alam namun buatan, serta tempat-tempat. Wisata alam ini meliputi pantai, air terjun, gunung, serta goa.


Untuk goa yang terkenal adalah goa pindul yang menyajikan tempat untuk menikmati sungai dalam goa. Tetapi ada juga goa yang sangat mempesona dengan keindahan alam sekitarnya, tetapi keindahan goa tersebut diselimuti hal mistis dan konon katanya angker. Meskipun begitu goa ini tetap menarik perhatian pengunjung.

Goa tersebut adalah Goa Langse. Goa langse terletak dipinggir laut namun berada dikawasan pegunungan kapur. Dari goa ini, pengunjung dapat menikmati hamparan deretan pantai yang berada disebelahnya. Pantai Parangtritis dapat terlihat jelas dari sini.

fasilitas goa lengse @niagatour

Untuk sampai kesini, pengunjung harus menaiki jalan setapak dan anak tangga yang lumayan tinggi. Tetapi tidak semua jalan yang dilalui anak tangga yang bagus, ada juga tangga kayu, dan kadang harus berpegangan akar pohon. Tetapi perjuangan menaiki itu setimpal dengan keindahan ketika berada diatas.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Ada tiga batu batu karang yang berdiri kokoh didekat gua yang menambak keelokan gua ini. Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat sunset karena gua menghadap ke barat sehingga tidak terhalang apapun untuk melihat terbenamnya matahari diwaktu senja. Ada juga sungai bawah tanah yang muaranya berada dibawah gua ini.

Akan tetapi, keindahan goa Langse ini dibalut dengan cerita mistis nan sakral. Konon gua ini merupakan gerbang menuju alam ghaib. Gua ini juga merupakan tempat untuk bersemedi atau bermeditasi.

Rute Menuju Goa lengse @niagatour

Tidak hanya cukup sehari saja, bahkan ada yang bermeditasi sampai berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Tetapi tidak perlu khawatir, yang kesini hanya untuk berwisata juga banyak sih. Tak harus bersemedi.

Menurut cerita, goa ini penuh cerita yang tempat ini merupakan tempat yang sering didatang oleh presiden Soekarno dan juga Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk melakukan meditasi. Hingga sekarang pun masih banyak keluarga keraton Mataram yang masih menggunjungi tempat ini.

Untuk ke goa ini pengunjung diminta mengisi buku tamu dan membayar seikhlasnya, kemudian membayar lagi tarif sebesar Rp.5.000. Area goa Langse ini sudah memiliki fasilitas seperti MCK, mushola, tempat parkir dan pendopo.

Tetapi fasilitas tersebut terletak diarea sebelum masuk gua, tepatnya disekitar area parkir. Namun, untuk masalah makan dan minum, disana ada orang yang berjualan disekitar gua dan melayani para pengunjung. Pedagang itu dikenal dengan nama

Tiket masuk goa lengse @niagatou

Untuk menuju kesana, dari kota Jogja pengunjung dapat mengambil jalan Parangtritis lurus mengikuti jalan, kemudian pilih kearah Gunung kidul. Setelah itu ambil arah ke bukit Paralayang dan ikuti jalan sampai menuju lokasi Goa Langse.

Tetapi perlu diketahui, itu hanya lokasi area parkirnya saja. Untuk ke goa, pengunjung harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berjalan kaki sekitar setengah jam. Perjalanaan yang dilalui akan melewati jalur yang cukup ekstrim yaitu berupa tebing yang terjal sehingga perlu ke hati-hatian.

Tempat seperti inilah yang bakal menguji adrenalin bagi pengunjung. Tanda-tanda jika sudah mau sampai goa adalah jika sudah menemui tiga batu karang yang menjadi salah satu penjaga gou Langse. Nah, gimana? penasaran kan? siapkan fisik dan mental yang kuat untuk menuju kesana.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Pantai Trisik, Tempat Menikmati Penyu-Penyu Mungil di Sepanjang Pantai

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon