11 Feb 2019

Panorama Alam Air Terjun Grojogan Sewu, Karanganyar, Jawa Tengah

Eksotis Jogja
Rizky Pradhana N

Alam selalu menghadirkan pesona yang tiada duanya. Selain jajaran gunung yang berdiri kokoh, ada lagi pesona air terjun yang tidak kalah indahnya. Bahkan, Air terjun bisa dijadikan sebagai tempat melepas penat yang mampu menyegarkan hati dan juga pikiran dengan dinginnya air yang dihasilkan

Air Terjun yang satu ini cukup unik. Namanya tidak hanya dipakai di satu tempat saja. Beberapa daerah pun memakai nama ini untuk air terjun mereka. Entah mengapa nama ini sering digunakan. Tetapi, satu hal yang pasti nama Grojogan Sewu mempunyai panorama yang mengundang decak kagum di setiap wilayahnya.

Seperti nama Grojogan Sewu yang dimiliki oleh Karanganyar. Dibawah kaki Gunung Lawu ini, air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 81 meter ini memiliki panorama yang tidak akan tertandingi oleh mana pun.

Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Memiliki Dua Pintu Masuk.
Grojogan Sewu Karanganyar memiliki dua pintu masuk yang bisa dipilih. Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang. Kemudian, Pintu masuk yang kedua berada di dekat River Hill. Kedua pintu ini memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang mungkin, bisa jadi aternatif pilihan Sobat Traveller semua.

Pintu masuk pertama adalah pintu masuk yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat. Tempatnya yang dekat dengan Terminal Tawangmangu, memuat semua wisatawan akan lebih memilih tempat ini. Lagi pula, di pintu masuk ini begitu ramai karena, banyaknya kuda-kuda yang berjajar, sehingga menghadirkan sebuah pemandangan yang berbeda.

Eksotis Jogja
Rizky Pradhana N











Bagi Sobat Traveller yang memiliki jiwa petualangan. Pintu masuk ini menjadi yang paling direkomendasikan. Bukan berupa jalur atau track yang menantang. Melainkan, jalur yang cukup mudah tetapi, menuntut fisik Sobat Traveller semuanya. Seperti, sebuah pemanasan sebelum mendaki Gunung Lawu.

Jalur yang harus dilalui adalah anak tangga yang sudah sangat baik dan nyaman bagi Sobat Traveller semuanya. Lalu, apa yang harus ditakutkan dari jalur ini? Bukankah, Jalur tangga merupakan jalur yang nyaman dan aman. Kenapa harus menuntut fisik? Jawabannya adalah jumlah anak tangga yang cukup fantastis.

Kurang lebih ada 1000 anak tangga, ada juga yang bilang kalau jumlahnya ada 1250 anak tangga. Sejujurnya saya sendiri kurang tahu karena, saat masuk dan menuruni tangga ini saya sendiri tidak sempat untuk menghitung anak tangganya. Jadi, kalau Sobat Traveller sempat boleh lah menghitung anak tangga Grojogan Sewu ini.

Saat jalan menurun, Sobat Traveller semua tidak terasa capek. Tetapi, coba saat pulang dan jalur tangga menjadi naik. Disinilah yang tadi disebut dengan membutuhkan tenaga ekstra. Akan lebih susah lagi, bila banyak pengunjung yang datang. Sobat Traveller akan dituntut untuk istirahat secepat mungkin.

Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Karena, Traveller yang lain sudah menunggu di belakang untuk antri. Seperti sebuah kemacetan yang terjadi di sebuah tol yang biasa kita lihat saat mudik lebaran. Tetapi, jangan patah semangat dahulu. Capek Sobat Traveler semua akan terbayar karena, di sepanjang perjalanan udara yang sejuk akan selalu menemani. Pepohonan yang rindang akan selalu menjadi sahabat yang baik memberikan sebuah oksigen untuk Sobat Traveller semuanya.

Pintu masuk yang kedua cukup bersahabat bagi Sobat Traveller semuanya. Karena jalurnya yang cukup landai. Memang menanjak dan disertai bebatuan. Tetapi, lebih bersahabat apalagi untuk para lansia yang masih bersemangat untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Eksotis Jogja
Rizky Pradhana N
Di pintu masuk yang ini, Sobat Traveller semua akan disambut dengan sebuah taman mini dimana terdapat patung ular dan juga katak seperti sedang bertengkar. Kedua patung ini dialiri air sehingga membentuk sebuah taman yang menarik untuk dinikmati. Tidak jauh dari sini, Sobat semua akan menemui Tempat makan.

Warung makan ini cukup spesial karena, ada menu khas Tawangmangu yaitu Sate Kelinci dan juga Sate landak yang begitu nikmat dan juga lezat. Sobat Traveller pasti akan ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Kera-Kera yang Berkeliaran.
Inilah yang membuat tempat ini semakin menarik. Kera-kera yang berkeliaran dan bebas bergelantungan kesana-kemari. Tetapi, Sobat Traveller harus behati-hati dengan kera-kera ini. Mereka akan mengambil makanan secara paksa jika, ketahuan ada yang membawa makanan.

Jangan sekali-kali melawan kera ini. Karena, saat satu kera datang untuk mengambil makanan. Maka, kera yang lain pun akan ikut membantu mengambil makanannya. Kera-kera disini cukup besar dengan kuku yang cukup bisa membuat Sobat Traveller semua terluka.

Tidak semua kera nakal dan jahat. Sobat Traveller semua bisa foto bersama dengan kera-kera ini saat mereka sedang duduk santai di jembatan. Saat membidik kera ini, mereka pun juga akan sedikit narcis lho Sobat Traveller.

Mitos yang Sedang Berkembang.
Ada sebuah mitos yang berkembang di Grojogan Sewu Sobat Traveller. Tentang sebuah jembatan yang ada di sini. Konon katanya setiap pasangan yang melewati jembatan ini akan segera putus. Padahal, jembatan ini adalah salah satu spot yang menarik. Namanya juga mitos bisa dipercaya dan juga bisa tidak. Semua kembali ke diri masing-masing.

Pesona Grojogan Sewu.
Sampailah kita di Grojogan Sewu yang memiliki keindahan luar biasa. Menikmati air yang terjun dengan duduk diantara bebatuan adalah hal yang wajib dilakukan. Kemudian, membasuh tangan, kaki dan muka dengan air yang begitu menyegarkan. Sungguh, seperti berada di surga dunia.

Ada larangan untuk tidak dekat-dekat dengan Air Terjun, karena derasnya air yang turun dan disertai dengan angin yang berhembus dengan sangat kencang. Akan sangat berbahaya bagi Sobat Traveller semuanya. Anjuran ini memang harus diperhatikan dengan baik. Agar liburan Sobat Traveller semua berkesan.

Diantara bebatuan ini ada sebuah cekungan yang cukup dalam dan cukup panjang bisa dilakukan untuk berenang. Sobat Traveller semua, bisa juga menikmati fasilitas yang lain berupa Fling Fox dan Mini Rafting .

Rute, Lokasi dan Harga Tiket
Air terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Sobat Traveller bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaran menuju ke Terminal Tawangmangu. Jalur menuju Terminal Tawangmangu pun cukup mudah. Hanya berjalan lurus mengikuti jalan, mulai dari Terminal Tirtonadi.

Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Dari Terminal Tawangmangu, Sobat Traveller bisa berjalan perlahan karena, jarak antara Terminal dan pintu masuk 1 cukup dekat seitar 1 kilometer saja. Dan, jarak menuju ke pintu masuk ke dua 500 meter dari Pintu masuk pertama.

Bila Sobat Traveller ingin naik transportasi umum. Sobat Traveller bisa naik bus dari Terminal Tirtonadi menuju Terminal Tawangmangu dengan harga Rp 20.000. Dari Terminal ini menuju pintu masuk Sobat Traveller bisa naik ojek dengan harga Rp 10.000.

Grojogan Sewu Tawangmangu, adalah salah satu pesona air terjun yang dimiliki oleh karanganyar. Dengan pesona dan keindahan yang luar biasa, membuat Sobat Traveller wajib berkunjung ke sini bila berkujung ke Solo atau Karanganyar.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon