16 Sep 2020

Laut Bekah, Menikmati Pemandangan Laut Lepas Dari Ketinggian

Laut Berkah @theweddingvowsg

Gunung kidul ternyata memiliki sebuah pantai yang menyuguhkan panorama layaknya pantai Uluwatu yang ada di Bali. Laut bekah ini disebut mirip dengan yang ada di Bali karena memiliki panorama laut dari ketinggian. Pantai ini menjadi spot favorit bagi para pemancing mania karena spotnya yang menarik dan juga ikannya yang banyak.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Pantai Trisik, Tempat Menikmati Penyu-Penyu Mungil di Sepanjang Pantai

Laut Bekah ini memang tidak seterkenal pantai-pantai lain di Gunung kidul yang memiliki hamparan pasir putih. Panorama pantai ini terletak di perbukitan dan tebing curam dengan kecuraman 180 derajat. Sehingga jangankan mandi, bermain air pun sangat sulit, tetapi laut bekah menawarkan keindahan yang luar biasa.

Laut Bekah ini sebenarnya tidak bisa digolongkan dengan pantai, melainkan sebuah tebing yang menjorok dilautan. Ketika berada disisi tebing, pengunjung akan merasakan riuhnya deburan ombak yang menabrak batuan karang. Sungguh pesona yang luar biasa.



Tebing yang berada ditengah laut inilah yang menjadi tempat favorit bagi pemancing. Dibawah tebing tempat menikmati laut, terdapat ikan-ikan karang untuk dipancing. Laut bekah ini juga menjadi habitat dari lobster,bahkah pemancing bisa juga ada yang mendapatkan ikan berbobot 10 Kg lebih.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Diwaktu tertentu, pengunjung dapat melihat hewan-hewan laut yang jarang ditemui di pantai-pantai Yogyakarta. Terkadang, dari ketinggian tambak gerombolan ikan lumba-lumba yang sedang mencari makan. Sering pula nampak ikan hiu maupun paus, namun yang paling sering terlihat adalah kura-kura.

Tebing pantai ini dibatasi dengan dinding setinggi 1 meter sebagai mengaman. Ditempat ini juga terdapat pendopo dan gardu pandang yang berada diatas bukit serta beberapa pondok bambu nyaman.

Gardu pandang laut Bekah. pict: outingjogja.com

Dengan tempat yang menyenangkan ini pengunjung akan sangat merasa puas. Belum lagi juga puas karena tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke pantai ini. Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2.000 saja.

Wisata ini bisa menjadi tempat alternatif untuk berlibur dan menghilangkan penat sambil melihat sunset. Fasilitas yang tersedia di Laut bekah ini sudah lumayan dengan adanya kursi duduk untuk menikmati panorama laut, serta sudah terdapat toilet. Hanya saja, ditempat ini berlum terdapat pedagang karena belum cukup ramai. Sehingga pengunjung perlu membawa bekal sendiri.

Lokasi wisata laut Bekah ini berada di dusun Temon, Giripurwo, Purwosari, Gunung kidul. Dari kota Jogja berjarak sekitar 48 Km. Rute yang adapat ditempuh dapat melalui Parangtritis atau jalur Imogiri-Panggang. Dari Parangtritis ambilah jalur Lintas Selatan menuju Gunung kidul (naik).

Jika melalui Imogiri, dapat memilih dari arah Terminal Giwangan ke selatan dilanjutkan kearah Siluk. Lalu naik tanjakan kearah Panggang kemudian menuju kecamatan Purwosari lalu dilanjutkan menuju Giripurwo hingga menemukan SMPN Giripurwo. Selanjutnya ikuti jalan lurus hingga menuju ke Laut Bekah.

Petunjuk arah ke Laut Bekah

Perlu diketahui, perjalanan yang dilalui tidaklah mulus. Tidak semulus aspal mengelilingi ringroad ataupun jalan-jalan kota lain. Melainkan jalan terjallah yang bakal ditemui sampai melihat indahnya panorama laut Bekah.

Setelah melalui mulus dan lengangnya JJLS, terasa kontras setelah melewati jalan kecil menuju kesana. Jalan yang dilalui berupa jalan yang terbuat dari semen dengan tengahnya ruang kosong untuk tumbuh rumput liar yang jika hujan akan terasa licin.

Jalan menuju laut Bekah juga melewati hamparan hutan jati. Semakin mendekati pantai, jalan yang dilalui juga semakin buruk. Cor semen yang berada diantara hutan jati akan berubah menjadi jalanan berbatu kapur yang terkadang bikin kendaraan meraung-raung hingga tidak kuat menanjak.

Setelah perjalanan yang cukup menegangkan tersebut, barulah akan sampai ke pondokan-pondokan bambu dan tempat parkir yang tersedia didekatnya. Namun dari perjalanan menantang itu pengunjung akan disuguhkan panorama yang luar biasa indahnya. Segera kunjungi Laut Bekah. Sebagai saran, gunakanlah motor gigi yang lebih tangguh.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Penginapan Yang Disulap Jadi Tempat Wisata Nuansa Tradisional

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon