29 Sep 2020

Kali Talang, Wisata Instagramable Dengan Latar Gunung Merapi

Kali Talang @eri_meri_

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Gunung Merapi terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dengan DIY. Gunung merapi juga termasuk gunung yang indah dan menjadi favorit untuk didaki terutama oleh mahasiswa pecinta alam (Mapala) yang berada diberbagai perguruan tinggi terutama di Yogyakarta.

Pemandangan gunung Merapi juga dapat dinikmati keindahannya tanpa perlu mendaki. Sangat cocok untuk yang takut ketinggian. Ada beberapa spot yang dicoba untuk melihat gunung merapi dari dekat, salah satunya yaitu Kali Talang.

Di Kali Talang ini menyajikan sebuah panorama yang menarik dengan view gunung Merapi yang terlihat dekat. Puncak dan kawah merapi akan sangat terlihat dari dekat . Bahkan kawah gunung merapi dapat terlihat jelas dari sini saat dipotret dengan kamera kemudian dizoom.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Taman Wisata Hits Yang Bernuansa Tradisional di Puri Mataram

Wisata Kali Talang
Sumber foto http:www.instagram.com

Kali Talang merupakan sebuah daerah yang berada di Klaten dengan ketinggian 1.160 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian segitu, tentunya akan menjadikan gunung Merapi terlihat jelas banget, disamping letaknya yag juga sangat dekat.

Sebagai tempat wisata yang berada diketinggian, Kali talang menawarkan suasanya yang sejuk dan dingin serta panorama alam yang segar dengan berlatar gunung Merapi. Terdapat hamparan hutan asri disepanjang jalan kanan kiri menjadikan sensasi kembali ke alam.

Di Kali talang ini pengunjung dapat melihat pemandangan gunung merapi melalui spot-spot yang tersedia. Ada beberapa gazebo yang dapat digunakan yang tersedia dibeberapa titik. Ada juga spot-spot yang menarik untuk dijadiakan sebagai spot foto dan juga jembatan kayu.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Harga Tiket Masuk Wisata Kali Talang
Akses menuju Kali talang akan menjadikan sebuah tantangan tersendiri karena melewati aliran lahan dingin. Untuk menuju ke Kali talang dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil. Harga tiket masuk wisata Kali talang yaitu Rp.5.000 dan tarif parkir Rp.2.000 untuk mobil. Wisata Kali talang juga sering dikunjungi oleh pesepeda yang suka dengan trek menanjak.

Hanya saja fasilitas yang tersedia disini kurang begitu lengkap. Hanya ada beberapa warung kecil yang berada diarea parkir bahkan toilet dan mushola pun belum tersedia. Pengunjung disarankan membawa bekal sendiri jika ingin berwisata disini.

Rute dan Lokasi Wisata Kali Talang
Tempat wisata Kali talang ini beralamat di Desa Balerante, Kemalang, Klaten yang berada diperbatasan dengan Yogyakarta. Untuk menuju kesana dapat melalui jalan Solo lewat Kalasan atau lewat Manisrenggo. Jika lewat Kalasan, dari jalan Solo, ambilah jalan Raya LPMP atau jalan Tirtomartani kemudian lurus ke Utara.

Ikuti jalan hingga menuju jalan Kalasan - Pakem hingga perempatan arah menuju jalan Cangkiran. Setelah itu ambil kiri melewati Sate Ayam Madura Cak Kadir kemudian ikuti jalan menuju jalan Cangkringan, ada perempatan ambil kiri kemudian lurus melewati kantor Kecamatan Cangkringan dan lurus hingga menjumpai perempatan dekat warung bebek Pugu.

Kemudian belok kanan menyeberangi sungai dan melewati Monumen taman temanten sampai perempatan belok kiri dan ikuti jalan Gadingan sampai menemukan pertigaan ganda dan ambil kiri menuju ke arah timur melewati Balai desa Glagahharjo dan lurus hingga perbatasan provinsi. Selanjutnya belok kiri kearah utara sampai menemukan ayam geprek lalu lurus dan belok kiri, setelah itu melewati jalan Sungai.