29 Okt 2017

Goa Unik dan Mistis, Goa Rancang Kencono Bleberan Gunungkidul

Goa Rancang Kencono @lihat

Selain dikenal dengan wisata pantai, Kabupaten Gunungkidul juga menawarkan keindahan goa. Tanah yang tandus dan berkapur membuat kabupaten ini memiliki potensi wisata goa-goa yang tersembunyi yang menawarkan sejuta panorama yang luar biasa. Salah satu goa yang ada di Gunungkidul yaitu Goa Rancang Kencono.

Goa Rancang kencono memiliki keistimewaan yaitu ruangan yang lapang yang terbilang luas dengan luas 20m x 20m dengan ketinggian 12 meter biasanya goa ini sering digunakan dalam acara sarasehan, area camping dan lain-lain.

Ruangan dalam goa ini tidak terlalu gelap, sinar matahari masih bisa menyinari goa ini. Ornamen di dalam goa ini terbilang tidak terlalu banyak, hanya berupa stalagtit yang menggantung di atap goa yang justru memudahkan para pengunjung melakukan banyak aktivitas dalam goa.

Goa Rancang Kencono @Srigethuk

Goa ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dulunya goa ini dibiarkan begitu saja. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu goa ini disulap menjadi tempat wisata sejarah yang menjadi kebanggaan Kabupaten Gunungkidul.

Lokasi Wisata Goa Rancang Kencono
Goa ini terletak di Padukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi ini tergolong tanjakan tanjakan tajam sehingga disarankan menggunakan sepeda motor. Jarak dari kota jogja menuju lokasi wisata ini kira-kira 21,8 km menempuh waktu 1-2 jam perjalanan.

Harga Tiket Goa Rancang Kencono
Untuk menikmati goa ini Anda hanya perlu membayar dengan tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang. Tiket ini sudah termasuk tiket untuk memasuki Air Terjun Sri Gethuk yang berjarak 1 km dari wiasta Goa Rancang Kencono ini.

Fasilitas Goa Rancang Kencono
Fasilitas yang disediakan di Wisata Goa Rancang Kencono ini adalah area camping yang bisa digunakan dengan berbagai macam kegiatan. Untuk menikmati area camping, Anda dapat menghubungi pemerintah Desa Bleberan untuk memakai tempat tersebut.

Bagi Anda yang ingin merencanakan liburan ke Kota Jogja dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama berlibur di Jogja. Anda dapat menyewa motor atau kendaraan lainnya. Karena mengingat tidak adanya angkutan umum menuju tempat wisata ini. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga bersahabat dan pelayanan prima.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon