29 Sep 2020

Menelusuri Ruang Terbuka Baru Dan Luas Di Bendungan Kamijoro

Keramaian bendungan Kamijoro @aliidroes.photography

Bendungan merupakan sebuah konstuksi bangunan yang dibangun untuk menahan laju air sungai sehingga air mengumpul. Pada umumnya fungsi utama dari bendungan adalah sebagai sarana untuk mengairi sawah-sawah yang ada disekitar atau lebih dikenal dengan irigasi. Bendungan sudah lama diciptakan bahkan sejak zaman kolonial Belanda.

Meskipun bendungan dibuat untuk tujuan irigasi, namun tak jarang yang dibangun sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu bendungan tersebut adalah bendungan Kamijoro. Bendungan yang terletak diperbatasan kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo ini dibangun oleh pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR dan diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2019 lalu.

Bendungan Kamijoro dibangun untuk menyuplai air bagi sawah-sawah yang berada di Bantul dan Kulon progo. Tidak hanya itu saja, bendungan Kamijoro ini juga dibangun sebagai kawasan wisata yang menarik dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati.

Bendungan Kamijoro dibangun dengan membangun sungai Progo yang menjadi pembatas kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon progo dibangun dengan harapan akan memberikan banyak manfaat. Sehingga dibuat yang sangat bagus sehingga dapat menarik perhatian pengunjung dan mampu menaikan ekonomi masyarakat sekitar sebagai pengelola.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Ketenangan Hidden Paradise Pantai Widodaren

Bendungan Kamijoro

Antusiasme masyarakat kepada bendungan Kamijoro sangat tinggi, sehingga bendungan ini banyak dikunjungi. Selain karena masih baru, fasilitas-fasilitas yang tersedia diarea ini berbeda dengan yang lain. Bahkan spot-spotnya sangat menarik sehingga menjadi viral di media sosial dengan sendirinya.

Bendungan kamijoro memiliki taman seluas 40.000 meter persegi. Ditempat itu terdapat sebuah plaza terbuka yang dapat digunnakan untuk berkumpul, foto-foto, maupun aktivitas lain yang melibatkan orang banyak. Disebelahnya terdapat undak-undak memanjang yang dapat dipakai sebagai tempat panggung atau sekedar duduk.

Bendungan ini dapat dikenali dengan landmarknya berupa tulisan Bendungan Kamijoro yang ditulis dengan huruf latin dan juga aksara Jawa ditambah lambang KemenPUPR. Diatas sungai yang dibendung terdapat sebuah jembatan sepanjang 161 meter.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Bendungan Kamijoro

Area di bendungan Kamijoro ini juga sebagai area ramah anak dengan disediakan taman bermain untuk anak-anak. Sehingga selain merasakan udara yang sejuk, dapat mengajak anak-anak untuk bermain di wahana-wahana yang disediakan seperti perosotan, jungkat-jungkit dan lainnya.

Dengan taman yang luas, terdapat juga pedestrian yang dapat digunakan untuk berjalan-jalan, joging maupun bersepeda. Terdapat pula meja-meja disekitar jalur tersebut yang dapat digunakan pengunjung untuk melepas lelahnya mengitari taman yang luas atau sekedar untuk menikmati pemandangan, berfoto, dan mendengarkan gemericik air.

Lokasinya yang berada dekat dengan muara sungai Progo memberikan sebuah pemandangan sunset yang cukup menakjubkan. Dari sini terkadang juga tampak gunung Merapi di utara. Dibawah area bendungan terdapat hamparan rumput kolonjono yang hijau dan menyegarkan mata. Selain itu area taman juga ditanami dengan berbagai tanaman hias dan juga ada beberapa tanaman buah.
Harga Tiket Masuk Wisata Bendungan Kamijoro
Meskipun bendungan Kamijoro merupakan wisata yang bagus dengan spot-spotnya, pengunjung tidak dibebankan tarif masuk untuk berkunjung ke tempat ini. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp.2.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000. Disini sudah tersedia fasilitas mushola dan toilet yang dapat digunakan dan juga telah banyak masyarakat sekitar yang membuka warung dan berjualan diarea taman bendungan.

Rute dan Lokasi Wisata Bendungan Kamijoro
Sebagai tempat publik, bendungan buka 24 jam. Dengan lokasinya yang berada diperbatasan, bendungan Kamijoro dapat dituju melalui arah Kulon progo maupun Bantul. Bendungan Kamijoro beralamat di Desa Tuksono, Sentolo, Kulon progo dan juga di Desa Triwidadi, Pajangan, Bantul. Adanya jembatannya juga akan mempersingkat jalan dari Pajangan menuju Sentolo dan sekitarnya begitu juga sebaliknya.

Dari pusat kota Jogja berjarak 20 Km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan lalu lintas yang relatif lengang. Dari kota Jogja dapat mengambil arah menuju ke jalan Wates kemudian lurus hingga perempatan dengan pos polisi lalu lintas Sedayu, kemudian ambil kiri menuju jalan Sedayu - Pajangan dan ikuti jalan besarnya hingga menemukan plang menuju bendungan. Jika sungai Progo sudah terlihat dari jalan, berarti lokasi bendungan Kamijoro sudah mulai dekat.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Pantai Dari Ketinggian Gunung Selok View Di Cilacap

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon