29 Sep 2020

Menyantap Mie Ayam Sambil Melihat Pemandangan Gemericik Air di Bendungan Tegal Imogiri

Menikmati mie ayam didekat bendungan. @ndarisulandari

Imogiri merupakan sebuah daerah di ujung tenggara Bantul dan bebatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul dibagian selatannya. Dengan daerah yang hampir pelosok dengan bukit-bukitnya, namun menawarkan keindahan wisatanya yang sangat layak untuk di ekspoitasi.

Ketika pengunjung berkunjung ke daerah, tentunya gak bakalan habis untuk mengeksploitasinya. Ada wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner dan lain-lain. Terdapat pula tempat bersemayamnya para raja-raja Mataram dari keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Untuk tempat yang paling rame dikunjungi sudah pasti hutan pinus dan kebun buah Mangunan yang terkenal, atau bermain air sungai Oya di Selopamioro. Tetapi jika sudah benar-benar mengekploitasi keseluruhan wisata Imogiri, pasti deh bakal mampir sejenak untuk mengunjungi Bendungan Tegal untuk mengisi perut sebelum pulang ke tempat masing-masing. Hal ini karena selain menarik juga berada dijalur dekat dengan wisata lain.



Bendungan Tegal sendiri sebenarnya merupakan sebuah bendungan (dam) yang dibangun tahun 1987. Tetapi dibuka untuk wisata tahun 2000 an. Tempat ini dibangun sebagai sarana irigasi yang mengairi sawah disekitarnya.

Bendungan Tegal sendiri juga merupakan sebuah tempat yang cocok untuk melihat sunset. Cahaya jingga dari cahaya matahari di ujung senja akan terlihat indah karena terbias dalam air sungai. Belum lagi ditambah dengan semilir angin yang sejuk bakal menentamkan hati.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati suara gemericik air yang mengalir melalui dinding-dingding bendungan sambil duduk dibawah pohon. Pengunjung juga dapat berfoto-foto dengan background aliran sungai atau pohon-pohon disekitarnya. Dan semakin menarik lagi terdapat juga spot-spot foto buatan yang dapat dinikmati.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Meskipun bendungan dan sungainya sudah menawarkan keindahan dan kesunyian tersendiri, tetapi rasanya tetap belum lengkap jika tidak merasakan mie ayam yang ada diarea bendungan ini. Bahkan mie ayamnya justru lebih ramai dari pada oang-orang yang ada dibendungan.

Di sekitar bendungan ini, terdapat dua warung mie ayam yaitu mie ayam Ibu Edi Sutrisno dan mie ayam Tanpa Nama. Tetapi apabila pengunjung menginginkan menu lain, diarea bendungan juga terdapat warung makan yang menyediakan menu ayam geprek dan lainnya. Ada juga warung soto yang bentuknya cukup unik dimana warungnya seperti kapal.

Untuk mie ayam Ibu Edi Sutrisno terletak sebelum menuju lokasi bendungan. Tempatnya luas dengan pendopo-pendoponya yang sangat cocok untuk rombongan. Disini pengunjung dapat menikmati mie ayam dengan duduk dimeja atau bisa lesehan diruangan pendopo yang disediakan.

Mie ayam yang satunya ini namanya cukup unik karena di plang tertulis "mie ayam Tanpa Nama". Entah bagaimana ceritanya itu tidak begitu penting karena yang lebih penting adalah rasanya yang enak. Mie ayam ini letaknya berada diarea sebelah selatan bendungan.

Mie ayam Tanpa Nama ini tempatnya realtif lebih sempit dari pada mie ayam Ibu Edi Sutrisno. Tetapi mie ayam Tanpa nama memiliki letak yang lebih dekat dengan bendungan. Sehingga pengunjung bakal merasakan makan mie ayam sambir mendengarkan gemericik air di bendungan.

Selain itu di mie ayam tanpa nama ini pengunjung dapat memilih beberapa jenis tempat duduk. Pengunjung bisa duduk lesehan, duduk dimeja pendopo, bahkan bisa memilih duduk ditempat terbuka dengan terdapat aliran selokan irigasi dan juga kolam disekitarnya.

Menyantap mie ayam dibendungan Tegal ini rasanya sangat menyenangkan. Karena selain sambil menghirup udara segar khas pedesaan dan area yang dekat sungai, tempat ini juga terbilang sunyi jauh dari keramaian lalu lintas. Belum lagi juga dapat sekaligus berwisata dibendungan.

Tempat ini umumnya selalu ramai dan yang paling ramai pengunjung ketika akhir pekan. Biasanya pengunjung akan jajan mie ayam, kemudian menikmati panorama yang ada di bendungan sebelum pulang.

Harga Tiket, Rute dan Lokasi Wisata Bendungan Tegal Imogiri
Untuk menikmati hidangan mie ayam, harganya terbilang sangat murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp.10.000 untuk seporsi mie ayam ditambah es jeruk atau es teh. Selain itu tidak ada tarif parkir alias parkiran gratis baik di warung mie ayam maupun di bendungan.

Bendungan Tegal berada di jalan Imogiri - Siluk - Panggang sehingga biasanya dijadikan tempat singgah untuk menikmati hidangan yang lebih murah dari di tempat wisata. Bendungan Tegal berada di desa Kebon Agung, Imogiri yang berjarak sekitar 17 Km dari pusat kota Jogja.

Untuk menuju kesini, rute yang dapat diambil mulai dari Terminal Giwangan ke selatan melewati jalan Imogiri Timur dan ikuti jalan hingga menemukan patung kuda. Setelah itu belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan kemudian ambil kiri hingga melewati pasar Sapi dan juga melewati lapangan Kebon agung.

Setelah itu lurus sampai beberapa puluh meter sampai pertigaan yang terdapat plang Wisata Kebon agung, SMP Maarif Imogiri, dan lainnya kemudian belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan lokasinya yang tak jauh dari jalan besar. Hanya sekitar 300 meter dai jalan raya Imogiri-Siluk.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Pantai Dari Ketinggian Gunung Selok View Di Cilacap

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon