4 Okt 2020

Jogja Exotarium, Tempat Alternatif Untuk Bercengkerama Dengan Hewan

Wisata Jogja Exotarium

Yogyakarta memiliki sebuah kebun binatang yang terkenal yaitu Gembira Loka. Kebun binatang ini sangat ramai dikunjungi wisatawan bahkan wisatawan dari luar kota dan mancanegara. Gembira Loka memang merupakan kebun binatang dengan koleksi yang cukup lengkap dan areanya yang cukup luas.

Kebun binatang Gembira Loka sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun akhir-akhir ini jumlah kunjungan dibatasi seiring dengan adanya wabah Covid-19. Akan tetapi, pengunjung tak perlu khawatir karena ada tempat alternatif yang dapat digunakan untuk melihat hewan meskipun tidak selengkap Gembira loka.

Tempat tersebut adalah sebuah mini zoo dengan koleksi hewannya. Mini zoo tersebut adalah Jogja Exotarium dapat digunakan sebagai alternatif apabila ingin melihat dan bercengkerama dengan hewan. Jogja Exotarium ini mengusung konsep mini zoo atau taman margasatwa kecil.


" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Menikmati Pantai Dari Ketinggian Gunung Selok View Di Cilacap

Wisata Jogja Exotarium
Sumber foto http:www.instagram.com

Tidak hanya sebatas kebun binatang saja, Jogja exotarium juga sekaligus sebagai pusat edukasi di wilayah Sleman. Dengan luas wilayah yang mencapai 9 hektar, tempat wisata ini menawarkan wahana dan juga fasilitas yang cocok bagi anak-anak, remaja hingga orang tua yang ingin mengunjungi dan berlibur terutama diakhir pekan.

Mini zoo education center ini dibangun dengan tujuan untuk mengembangbiakan satwa, terutama satwa langka agar tidak punah. Sehingga harapannya hewan-hewan tersebut masih dapat dijumpai oleh generasi selanjutnya. Dan anak cucu kelak masih dapat menyaksikan satwa tersebut secara nyata tidak hanya melalui gambar saja.

Meskipun koleksi hewan disini tidak selengkap Gembira Loka, namun koleksi hewan disini lumayan banyak dengan keadaan sehat dan terawat dengan baik. Kebersihan kandang dan hewan selalu diperhatikan. Spesies yang ada disini beragam mulai dari hewan peliharaan, peternakan hingga hewan langka.

Sejumlah hewan yang dapat didekati dan diajak main antara lain kelinci, kuda, kambing hingga kura-kura dan lainnya. Pengunjung juga dapat berfoto-foto dengan hewan reptil yang menantang seperti ular dan iguna. Selain itu juga ada hewan air dan juga burung-burung yang jinak.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Semua hewan yang dihadirkan disini dengan tujuan sebagai sarana edukasi khususnya pada anak-anak. Meskipun hewannya ada yang cukup menantang, tetapi pengunjung tidak perlu khawatir dan takut karena disetiap area hewan dijaga oleh petugas pemandu.

Pengunjung juga dapat merasakan memberi makaan hewan ternak seperti sapi dan kambing. Disini pengunjung akan merasakan berinteraksi dengan hewan dari dekat yang dapat menjadi pengalaman tak terlupakan terutama bagi anak-anak. Pengunjung juga dapat merasakan naik kuda berkeliling taman dengan kuda yang menjadi koleksi Jogja Exotarium.

Kegiatan yang dapat dilakukan terutama untuk anak-anak adalah menangkap ikan. Aktivitas ini dikhususkan bagi anak-anak terutama yang berumur diatas 3 tahunan. Disini pengunjung akan turun ke kolam untuk menangkap ikan sendiri dan ikan-ikan yang ditangkap dapat dibawa pulang untuk dipelihara.

Tak hanya sampai disitu saja, Jogja exotarium juga menyediakan wahana untuk outbond yang didesain untuk anak berusia diatas 13 tahun. Sejumlah wahana outbond yang tersedia dibangun diatas sungai dengan berbagai jenis yang menarik. Wahana ini cocok untuk mengedukasi anak, menanamkan rasa percaya diri dan mengasah keseimbangan.

Ada pula kolam renang yang dapat digunakan untuk mengekspresikan keceriaan dan memicu adrenalin dengan perosotannya. Perosotan ini dirancang khusus untuk anak-anak dan juga terdapat staf berpengalaman yang akan mengawasi keselamatan anak.

Untuk kalangan dewasa, disediakan juga sebuah wahana yang menarik dan cukup menantang yaitu river tubing. Riber tubing ini memanfaatkan sungai Denggung dengan menyusurinya menggunakan pelampung ban. Namun, wahana ini hanya buka ketika musim hujan saja karena volume sungai akan meningkat.

Ada juga sebuah taman bunga yang menarik untuk dikunjungi meskipun belum lengkap sempurna namun layak untuk dinikmati. Hamparan bunga berwarna-warni ini adalah taman bunga Pajiroto puspawarni yang menyuguhkan bunga-bunga cantik berwarna-warni. Area ini menjadi tempat favorit untuk berfoto ria.

Secara umum, konsep-konsep wisata disini dikelompokkan menjadi edukasi satwa, edukasi budidaya peternakan, edukasi budidaya perikanan, dan edukasi budidaya sayuran organik. Selain itu juga terdapat hal yang menarik lain seperti gerobak sapi, terapi ikan serta wahana-wahana lain.

Harga Tiket Masuk Wisata Jogja Exotarium
Untuk berkunjung ke Jogja Exotarium, harga tiketnya relatif terjangkau baik hari biasa maupun hari libur. Harga tiket yang ditawarkan Rp.10.000 untuk hari biasa, dan Rp.15.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Tetapi untuk menikmati wahana outbond perlu membayar tiket terpisah yang mana wahana outbond akan dibuka sesuai dengan pesanan dengan tarif mulai dari Rp.30.000.

Jogja exotarium buka setiap harinya pukul 08.30 - 16.30. Fasilitas yang tersedia disini cukup lengkap dengan akses yang mudah. Disini tersedia toilet, mushola, dan juga gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Rute dan Lokasi Wisata Jogja Exotarium
Jogja Exotarium berada di jalan Magelang Km. 8, Desa Sendangadi, Mlati, Sleman. Dari kota Jogja berjarak 10 Km dengan akses jalan mulus dan beraspal bisa dilalui kendaraan roda 4. Untuk menuju kesana rute yang diambil adalah melalui jalan Magelang lurus sampai melewati flyover Jombor lurus ke utara hingga menemukan plakat menuju Jogja exotarium yang berada sebelum perempatan Denggung.

" Baca Juga Tempat Wisata Menarik di Jogja "
Hutan Pinus Prabalintang Yang Unik Dengan Kolam Alami

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon