2 Okt 2020

Menikmati Sajian Restoran Tradisional Pinggir Sawah Geblek Pari Nanggulan

Geblek pari @jogjafood

Yogyakarta merupakan Sebuah kota yang memiliki berbagai budaya dan kuliner tradisionalnya yang menggoda lidah. Apabila ke kota yang juga dikenal dengan Jogja ini, pasti yang ada dipikiran adalah gudengnya. Gudeg menjadi makanan tradisional yang asli dan melegenda di kota pelajar ini.

Meskipun begitu, setiap kabupaten disekelilingnya pun juga mempunyai makanan khas tradisional sendiri-sendiri selain gudeg. Salah satu makanan tradisional itu adalah geblek. Geblek merupakan sebuah makanan tradisional yang berasal dari kabupaten Kulon progo.

Sekilas geblek mirip dengan cireng yang berasal dari Jawa barat. Geblek dibuat dengan bahan dasar tepung singkong yang dicampur dengan bumbu bawang sehingga menjadikan geblek terasa gurih dan kenyal. Pada umumnya geblek memiliki bentuk kecil-kecil dan dibuat menyerupai angka 8.

Pada umunnya geblek dijual dipasar-pasar tradisional atau jajanan pasar dipinggir jalan daerah Kulon progo dan dijual dengan dibungkus. Tetapi jika ingin merasakan makan geblek dengan nuansa berbeda, dapat mencoba geblek di Warung Geblek Pari Nanggulan.



Geblek pari Nanggulan ini merupakan sebuah resto atau tempat makan yang menawarkan konsep tradisional disetiap sudutnya. Ketika berkunjung kesini, pengunjung akan disuguhkan oleh bangunan yang tradisional berupa joglo-joglonya dan meja kursi yang terbuat dari kayu dan bambu. Tak hanya tempat makan, namun bagian kasir dan lain-lain juga bertema tradisional khas pedesaan.

Geblek pari menawarkan suasana yang teduh dan tenang karena lekat dengan suasana pedesaan. Suasana sekeliling yang berupa pepohonan hijau dan persawahan semakin membuat suasana semakin nyaman dan asri. Selain itu interior bangunannya pun cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat foto.

Sesuai dengan namanya, letak Geblek pari ini berada didekat hamparan sawah padi yang luas. Pengunjung dapat menikmati sajian makanan sambil melihat panorama hijaunya area persawahan yang ada didekatnya. Hamparan sawah akan menyegarkan mata dan memberikan kesejuakan tersendiri.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 

Meskipun namanya Geblek pari, namun pengunjung tidak hanya dapat mencicipi geblek saja. Melainkan banyak menu makanan yang dapat dicoba dan dinikmati. Hanya saja menu andalannya adalah geblek yang menjadi makanan tradisional. Selain itu terdapat makanan tradisional lain seperti tempe, sayuran dan berbagai jenis minuman.

Konsep makan disini menggunakan sistem prasmanan. Pengunjung dapat mengambil menu makanan yang ingin dimakan langsung dari dapurnya dengan bebas naasi dan sayurnya sementara untuk lauknya dihitung jenis dan jumlahnya. Beberapa jenis makanan yang ditawarkan disini mulai dari nasi, sayur, lauk, sambal sudah diletakkan berjejer-jejer dalam wadah baskom besar bahkan bisa langsung diambil dari wajannya.

Disini pengunjung dapat melihat langsung proses memasaknya karena tempatnya hanya berada diarea kiri dan kanan saja tanpa terdapat sekat. Dengan begini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para pegawainya yang sedang masak seperti bertanya proses atau lainnya. Yang jelas bukan masalah pribadi ya,,,,

Geblek Pari Nanggulan
Sumber foto http:www.instagram.com

Geblek pari juga merupakan sebuah tempat makan yang peduli lingkungan dengan mengkampanyekan mengurangi plastik. Sehingga semua yang digunakan dan untuk penyajian tidak menggunakan bahan yang mengandung plastik. Bahkan cara masaknya pun terbilang dengan cara tradisional.

Menu sayuran pun terkadang berubah setiap harinya sesuai ketersediaan dialam. Hal ini dikarenakan semua bahan yang digunakan untuk memasak merupakan hasil bumi dari yang ditanam oleh masyarakat sekitar seperti cabai, beras, pisang, kelapa, dan hasil bumi lainnya. Juru masak dan crew disini pun berasal dari warga sekitar Geblek Pari Nanggulan.

Daftar Harga Kuliner Geblek Pari Nanggulan
Jika ingin merasakan makan disini, Geblek Pari Nanggulan buka setiap hari pukul 08.00 - 20.00. Untuk sabtu dan minggu buka lebih awal yaitu pukul 07.00. Harga masakan yang ditawakan disini terbilang cukup murah. Pengunjung dapat makan nasi dan sayur sepuasnya hanya dengan membayar Rp.10.000. Sedangkan untuk yang lainnya antara lain: aneka lauk pauk seharga Rp.3.000 - Rp.9.000, camilan serba Rp.5.000 termasuk geblek, serta untuk minuman Rp.2.000 - Rp.8.000.

Geblek Pari Nanggulan
Sumber foto http:www.instagram.com

Rute dan Lokasi Wisata Kuliner Geblek Pari Nanggulan
Warung Geblek Pari Nanggulan beralamat di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Nanggulan, Kulon Progo. Dari kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Rute yang dapat diambil yaitu dari Jalan Godean lurus ke barat menuju arah Nanggulan. Sesampainya di pasar Kenteng lurus sedikit ke arah barat.

Ketika sudah menjumpai jalan cor dengan hamparan sawah dikanan kiri berarti tandanya sudah hampir sampai. Disini pengunjung bakal melewati jalan cor semen yang berada ditengah persawahan yang memberikan suasana sejuk selama perjalanan.


sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon