Jumat, 20 Oktober 2017

Mencicipi Kuliner Khas Jogja yang Lezat dan Legendaris

Gudeg Jogja @tribunTravel

Daerah Istimewa Yogyakarta, sesuai dengan namanya memang sangat istimewa. Selain kaya akan wisata alamnya, Jogja juga memiliki beragam keistimewaan wisata kuliner. Jika kamu berlibur ke Jogja sayang sekali jika tak mencicipi kuliner Jogja yang enak. Gudeg merupakan salah satu kuliner khas kota Jogja yang sangat populer. Tetapi, tahukah kamu bahwa banyak kuliner enak dan murah di Jogja yang tak kalah populernya dengan Gudeg? Ini diantaranya :

1. Angkringan
Ankringan Jogja @tribunews

Pernah dengar kata Angkringan? Angkringan merupakan istilah yang tak asing di kota yang istimewa ini. Selain enak dan murah, angkringan ini mudah kamu temui di Yogyakarta. Kuliner Jogja murah dan enak ini menjadi salah satu tempat favorit, terutama pelajar. Di sini terdapat beraneka jenis makanan, seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh, sate usus, aneka gorengan dan aneka minuman. Kamu hanya mengeluarkan uang sebesar 10.000-15.000 rupiah saja untuk bisa menikmati sego kucing, aneka gorengan dan minuman.

2. Sate Klathak
Sate Klathak @kuliner Jogja

Sate Klathak juga merupakan kuliner yang tak asing di kota pelajar ini. Bagi kamu penggemar sate kambing, ini merupakan tempat yang cocok buat kamu. Sate klathak hanyan dibumbui dengan bumbu sederhana, yaitu garam, kecap dan merica. Inilah yang membuat rasa sate klathak semakin khas. Wisata kuliner sate klathak ini yang terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong. Yang membedakan dengan sate klathak yang lain adalah Pak Pong membakar daging ini menggunakan besi sepeda, karena pada umumnya orang membakar daging menggunakan bambu. Katanya, jika dibakar menggunakan jeruji besi daging akan matang dengan merata.

3. House of Raminten
THE HOUSE of RAMINTEN @santapJogja

Tempat kuliner enak di Jogja selanjutnya adalah House of Raminten. Tempat wisata kuliner ini cukup populer di Jogja. Di sini kamu akan disuguhkan beraneka makanan tradisionl Yogyakarta, seperti tahu bola, wedang sereh, sego kucing, sate lilit, cunduk serta brongkos. Selain itu, yang menjadikan unik tempat ini adalah kamu bisa menikmati ruang yang beraksitekturkan Jawa dengan wangi khas dupa. Pelayannya pun mengenakan pakaian khas Jawa (kemben jawa). Sungguh istimewa bukan?

4. Kopi Joss
Kopi Jogs @favRiver

Istimewanya Jogja menyuguhkan kuliner yang jarang kamu jumpai di daerah lain, yaitu Kopi Joss. Kuliner yang satu ini banyak digemari karena rasanya yang khas dan mantap. Kopi Joss ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu penyajian kopi ini akan disajikan dengan arang yang menyala. Karena bunyi joss yang ditimbulkan inilah dinamakan Kopi Joss. Penyajian kopi dengan arang tersebut tidak membahayakan, karena konon katanya arang tersebut dapat menetralisir kafein yang terdapat di dalam kopi, sehingga aman untuk kamu konsumsi. Joss sekali ya?

5. Manggar Manding
Manggar Manding @kulinerJogja

Wisata kuliner Jogja yang tak kalah nikmatnya adalah Manggar Manding. Jika pada umumnya gudeg Jogja terbuat dari daging nagka yang masih muda, lain halnya di sini. Manggar Mandung merupakan Gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Jika kamu mencicipi kuliner ini, berarti kamu telah menikmati menu istimewa kerajaan. konon, menu ini lah yang disajikan (dengan sayur krecek dan tempe bacem) di kerajaan terdahulu.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon