20 Okt 2017

Taman Sungai Tuk Mudal, Surga Tersembunyi Di Ujung Barat Jogja

Kesegaran Taman Sungai Tuk Mudal @anggellatombuku

Paling barat Jogja berupa Kabupaten Kulon Progo memang banyak menyimpan surga tersembunyi di jogja. Kulon Progo memang terkenal dengan wisata kalibiru, dan waduk sermo nya. Tapi kulon progo masih banyak menyimpan pesona wisata lainnya salah satunya Taman Sungai Tuk Mudal.

Tuk dalam bahasa indonesia artinya mata air. Taman Tuk Mudal ini adalah taman air yang dibangun oleh masyarakay sekitar yang dilakukan secara swasembada untuk meningkatkan potensi wisata di Kulon Progo.

Pada tahun 2015 Desa Jatimulyo tempat taman sungai tuk mudal ini menjadi peringkat ke-3 untuk kategori desa wisata terbaik dengan mengalahkan puluhan desa wisata yang ada di Jogja.

Taman Tuk Mudal merupakan taman yang memiliki air terjun dan kolam alami dengan air yang berwarna biru dan sumber air taman sungai ini berasal dari mata air alami yang memancar dari sungai bawah tanah. Tentunya air ini airnya sangat segar dan jernih bening dan terhindar dari polusi.

Bermain Air @bintang

Fasilitas yang disediakan di Taman Sungai Tuk Mudal ini masih cukup sederhana akan tetapi masih terbilang lengkap. Fasilitas yang tersedia seperti kamar mandi, tempat istirahat berupa gazebo tetapi masih sangat minim. Pada saat ramai pengunjung, para pengunjung harus rela antri ke kamar mandi.

Selain kamar mandi dan gazebo, penjual makanan ringan dan makanan khas Kulon Progo juga dijajakan di tempat wisata ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan selama berwisata di taman sungai ini.

Untuk menjaga kebersihan taman air ini diharapkan kesadaran para pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya. Tenang saja, di tempat wisata ini juga sudah disediakan tempat sampah. Hal ini bertujuan agar kebersihan dari taman sungai ini selalu terjaga.

Wahana permainan seperti flying fox juga disediakan dengan harga Rp 5.000 per orang.Murah bukan?. Anda dapat menikmati keindahan dan kesegaran air jernih dari atas lokasi mulai dari air terjun hingga ke kolam kecilnya.

Kesegaran dan kejernihan air menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk bermain air dan berenang. Jika ingin menikmati keindahan taman sungai yang lebih lama lagi Anda dapat mendirikan tenda dan bermalam disanan. Ada lokasi khusus buat camping area yang aman dengan fasilitas yang terbilang memadai.

Lokasi Taman Tuk Mudal
Lokasi Taman Tuk Mudal ini berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Taman Tuk Mudal ini tepatnya berada di barisn bukit menoreh. Rata-rata ketinggian perbukitan menoreh lebih dari 2000 mdpal. Jarak dari Kota Jogja menuju lokasi wisata ini menempuh waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan.

Bagi para wisatawan yang ingin merencanakan liburannya ke Taman Sungai Tuk Mudal disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Mengingat akses yang terbilang kurang bagus dan banyak tanjakan tajam menuju ke lokasi wisata. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga terjangkau dan pas dikantong para traveler.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata taman sungai tuk mudal, wisata air kulon progo.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon