18 Mar 2020

Taman Balekambang, Hutan di Tengah Kota Solo yang Menjadi Idaman

Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang Solo

Siapa yang tidak mengenal Kota Solo. Kota yang dikenal dengan kota budaya ini memang menghadirkan pesona yang tak terbantahkan. Memang bukan pemandangan alam dengan gunung dan sawah. Tetapi, suasana hutan yang tenang dan teduh membuat Anda akan betah berlama-lama di sini.

Taman Balekambang adalah tempatnya. Perlu diketahui bila nama dari Taman Balekambang ada dua. Pertama berada di pusat Kota Solo. Kedua, ada di wilayah Tawangmangu atau tepatnya berada di dekat pintu masuk satu Grojogan Sewu.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Taman Balekambang
Kawasan ini biasa digunakan sebagai hutan kota dengan luas kurang lebih 5 hektar. Ada berbagai macam pepohonan yang tumbuh menjulang dengan berbagai macam keindahannya.

Berada dibawahnya pada saat siang hari Anda akan merasakan kesejukan dan terasa sangat damai. Oleh karena itu, tak heran bila di hari libur ada banyak keluarga yang datang dan berkunjung menikmati nuansa yang berbeda di tempat ini.

Wisata Keluarga Taman Belekambang Solo
Wisata Keluarga Taman Belekambang Solo

Menurut sejarahnya, kawasan ini dibangun pada 26 Oktober 1921 oleh KGPAA Mangkunegaran. Dimana, pada awalnya pembangunan taman ini memang dikhususkan untuk kedua puterinya. Sehingga dibangun dua kawasan dan dua patung yaitu, Partini tuin, dan Partinah.

Sebagai hutan kota, membuat taman Balekambang juga disinggahi oleh beberapa hewan seperti rusa, ayam, merak, angsa yang dibiarkan bebas berkeliaran kesana-kemari. Hewan-hewan ini paling tepat bagi Anda yang membawa anak agar bisa bersosialisasi dengan baik dengan para hewan-hewan ini.

Salah satunya dengan memberikan makanan. Coba saja Anda dekati hewan ini kemudian, memberikan makanan wortel atau juga sayuram lainnya. Pasti satu persatu mereka akan datang. sayangnya, disini tidak ada penjual makanan hewan. Jadi, Anda harus membawanya sendiri dari rumah.

Taman Safari Balekambang
Taman Safari Balekambang

Bagi yang ingin berduaan saja dan menganggap bahwa dunia ini hanya milik berdua. Anda bisa menikmati fasilitas tempat duduk yang sudah disediakan di bawah pohon. Atau mau yang lebih romantis? Anda bisa memanfaatkan area danau dengan menyewa bebek air dan berputar-putar mengelilingi danau.

Danau ini juga bisa dimanfaatkan untuk mereka yang mempunyai hobi memancing. Tidak membawa alatnya? Tenang, disini ada sebuah warung yang menyediakan segala peralatan pancing.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Taman Reptile
Jangan lupa mengunjungi Taman Reptile, dimana tempat ini menghadirkan beberapa hewan-hewan reptile seperti burung kakak tua, iguana, kura-kura dan masih banyak lagi. Anda juga bisa selfie bareng mereka lho. Disarankan bila ingin foto-foto bersama dengan mereka Anda wajib menghubungi beberapa petugas yang ada disini.

Rute Lokasi
Taman Balekambang terletak di jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Terletak di pusat kota membuat tempat ini begitu mudah untuk dikunjungi. Anda yang menggunakan transportasi umum bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Solo balapan kemudian, lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju ke titik lokasi.

Harga Tiket Masuk
Tidak ada harga tiket masuk yang akan di tarik disini hanya wajib membayar uang parkir 2 ribu rupiah saja. Bila ingin menikmati bebek air Anda akan dikenakan tarif sebesar 15 ribu rupiah. Mau masuk ke taman reptile, akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah bila ingin selfie dengan beberapa hewan reptile di sini.

Taman Balekambang adalah tempat paling indah di Kota Solo. Dengan suasana nyaman dan tenang membuat Anda betah berlama-lama disini. Ayo datang dan kunjungi tempat ini bila sedang berkunjung ke Kota Solo.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon