19 Sep 2018

Pesona Alami Pantai Sundak Yang Membuat Wisatawan Berdecak Kagum

Keindahan Pantai Sundak @justgola

Kabupaten Gunungkidul memang surganya wisata pantai. Salah satu wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul yang menyuguhkan keindahan laut serta pesona alam yang begitu eksotis adalah Pantai Sundak Gunungkidul.

Asal muasal penamaan pantai ini berawal dari kisah seekor anjing dan landak yang tinggal di dalam goa pada sisi pantai. Kedua binatang ini berkelahi karena kelaparan. Tak lama setelah itu, pemilik anjing menyadari hewan peliharaannya masuk goa dan ia segera langsung mencari kedalam goa.
Bersamaan saat itu anjing peliharaannya keluar goa sambil menggigit bagian tubuh landak yang terluka parah. Pemilik anjing masih penasaran dengan apa yang ada di dalam goa, dan akhirnya dia menemukan mata air tawar yang jernih yang hingga saat ini mata air ini masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari-hari.

Nama Sundak berasal dari kedua binatang yang berkelagi di dalam goa. Pantai Sundak berasal dari kata “su” yang merupakan kependekan dari “asu” (sebutan anjing dalam bahasa jawa) “ndak” adalah kependekan dari “landak”. Dan akhirnya pantai ini dinamai dengan nama Pantai Sundak.

Sejauh mata memandang gulungan ombak yang maha dasyat memang menjadi ciri khas dari pantai yang berbatasan langsung dnegan Samudera Hindia ini. Sekitar 70 km ke arah tenggara Yogyakarta. Pantai ini memang telah menanti dengan karakter alam yang unik.

Tidak hanya pesona alam yang luas, di Pantai Sundak ini juga menawarkan potensi wisata kuliner bahari yang menarik. Sejumlah warung makan dengan menu tangkapan hasil laut yang masih segar tentunya memiliki cita rasa yang tinggi dengan bumbu khas Jawa yang menggugah selera. Bagi Anda yang senang berwisata alam sekaligus wisata kuliner, Pantai Sundak ini sangat cocok buat Anda mengisi waktu liburan Anda.

Pesona alami Pantai Sundak @jogjakini

Pantai Sundak ini memang tidak terlalu luas seperti pantai-pantai disekitarnya yang membentang disepanjang pesisir pantai Gunung Kidul. Namun, pesona keindahan alam terutama keeksotisan matahari terbit membuat para wisatawan terkagum-kagum saat menyaksikan keindahannya.

Bagian sisi kanan dan kiri pantai terdapat batu karang yang besar yang menghiasi pantai. Batu ini masih terlihat kokoh. Tidak hanya itu, batu ini juga dijadikan sebagai pembatas antara pantai yang satu dengan pantai yang lainnya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti toilet umum, musollah sudah tersedia untuk para wisatawan. Selain itu warung makan yang menjajakan menu bahari yang segar, penginapan, dan camping area buat wisatawan yang ingin berkemah.

Lokasi Wisata Pantai Sundak
Pantai Sundak terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istmewa Yogyakarta. Perjalanan dari pusat Jogja menuju lokasi Pantai Sundak ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2-2,5 jam perjalanan, dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menuju lokasi ini disarankan menggunakan sepeda motor karena jalanan menuju gunung kidul yang relatif tanjakan tajam. Untuk itu disarankan sewa motor di jogja untuk mempermudah liburan Anda.

Bagi Anda yang merencanakan liburan ke Kota Gudeg ini dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama di Kota Joga. Tidak perlu khawatir, Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga yang bersahabat dan persyaratan yang tidak ribet cukup identitas asli Anda yang jadi jaminannya.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata pantai sundak, wisata pantai di gunungkidul

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon