27 Apr 2019

Simbol Kekuatan Cinta Candi Plaosan, Menjadikan Tempat Prewedding Favorit

Candi Plaosan @Elmira Photoarts
Prewedding Candi Plaosan 

Salah satu keindahan Indonesia tidak hanya di ukur dari alamnya saja. Melainkan, di lihat pula dari sejarah dan budaya yang berkembang. Seperti halnya peninggalan kerajaan-kerajaan tersohor di masa lalu yang masih berdiri megah dan bisa dijadikan sebagai sebuah kawasan wisata nan mengesankan. Satu diantaranya adalah Candi Plaosan.

Candi Plaosan
Candi ini dibuat oleh Rakai Pikatan, dari dinasti Syailendra untuk seorang istri tercinta bernama Pramodyawardani. Nah, kedua sepasang kekasih ini berbeda latar belakang dan juga dinasti. Dimana, rakai di dinasti Syailendra yang menganut agama hindu. Sementara, Pramodyawardani dari dinasti sanjaya yang beragama budha.

Baca Juga Tempat Wisata di Jogja
Warna Warni Desa Unik Rumah Dome Teletubbies
Keindahan Sunset Menghiasi Candi Ijo di Yogyakarta
Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro
Obyek Wisata Baru The Lost World Castle Jogja

Dari dua latar belakang yang berbeda inilah membuat Candi Plaosan memiliki filosofi dan gaya arsitektur yang berbeda dari candi lainnya. Objek wisata satu ini pun menjadi simbol kekuatan cinta yang abadi antara dua sepasang kekasih ini. Tidak hanya sebagai simbol cinta, candi plaosan juga digunakan sebagai simbol toleransi antar umat beragama.

Candi Plaosan @majapahit
Prewedding Candi Plaosan

Ada dua bangunan utama yang terdapat disini yaitu Candi Plaosan Lor dan Kidul. Tempat ini bisa dibilang sebagai candi kembar lantaran, bentuknya yang sama. Sayangnya, kisah cinta antara rakai Pikatan dan Pramodyawardani ini tidak setenar kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan seperti yang dikisahkan Candi Prambanan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Dilihat dari segi terasnya, kawasan ini tersusun rapi dan sangat halus. Hal ini menunjukkan bahwa dahulunya Candi Plaosan digunakan sebagai wihara yang digunakan sebagai tempat persembayangan sang istri.

Selain menikmati kawasan yang esoktis, Anda juga bisa menikmati keindahan sinar senja yang sangat mengagumkan. Apalagi, di belakang candi sudah di bangun sebuah taman untuk spot foto. Saking instagenicnya, tempat ini pun juga digunakan sebagai tempat untuk prewedding beberapa pengunjung.

Senja di Candi Plaosan @soloaja
Senja di Candi Plaosan

Perlu diakui, bila latarbelakang candi ini memang sangat mempesona. Oleh karena itu, jangan heran bila hampir setiap minggu banyak para pengunjung yang menggunakan kawasan ini untuk proses pemotretan. Disini pun sudah banyak warung-warung yang berdiri menghadirkan jajanan yang begitu nikmat dan kekinian.

Rute Lokasi dan Lokasi Candi Plaosan
Candi Plaosan terletak di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, 57454. Nah, bagi Anda yang melihat alamat ini pasti akan sedikit bingung, mengapa prambanan masuk dalam wilayah Klaten?

Ya, Candi Plaosan terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, sehingga kecamatan Prambanan pun berada di dua wilayah. Klaten dan juga Sleman. Bila anda dari pusat kota Klaten, jalur yang harus dilalui adalah jalan raya Jogja-Solo. Sebelum sampai di lampu merah candi Prambanan, Anda harus belok ke kanan.

Ikuti saja jalan yang ada hingga sampai di titik lokasi. Begitu pula bila Anda dari arah jogja. Arahkan kendaraan menuju ke candi Prambanan. Tepat di lampu merah, belok ke kiri dan ikuti saja papan petunjuk yang sudah tersedia disini.

Candi Plaosan @candikembar
Prewedding Candi Plaosan

Baca Juga Tempat Wisata di Gunungkidul
33 Objek Wisata Pantai yang Ada di Kabupaten Gunungkidul
4 Spot Snorkling Terbaik Yang Ada di Pantai Gunungkidul
10 Spot Foto Instagramable Wisata Gunung Beluk Saptosari
4 Pantai Mendunia di Gunungkidul yang Harus Kamu Ketahui

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan
Untuk harga tiket masuk kawasan ini adalah tiga ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir sebesar dua ribu rupiah untuk motor, lima ribu rupiah untuk mobil. Harga yang cukup murah bukan untuk menikmati keindahan arsitektur candi yang konon katanya mirip sekali dengan Angkor wat yang ada di Thailand.

Candi Plaosan adalah tempat paling esoktis dan paling tepat untuk dijadikan sebagai salah satu daftar destinasi. Apalagi, kawasan ini dekat dengan candi Prambanan. Jadi, kapan Anda dan keluarga akan menikmati hasil karya dari kisah cinta dua latar belakang yang berbeda ini?

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon