17 Okt 2017

Perpaduan Kenikmatan Teri dan Kacang, Sambal Teri Kacang

Sambal Teri Kacang @tribunstyle

Teri Kacang merupakan salah satu menu favorit masakan khas dari Tapanuli Selatan. Teri kacang sudah sangat dikenali oleh masyarakat asli batak. Teri kacang merupakan kombinasi bahan ikan teri dan kacang goreng yang diberi sambal.

Teri kacang ini biasanya didampingi dengan sayur bening atau pun sayur daun ubi tumbuk. Teri yang digunakan bisa dengan menggunakan teri biasa ataupun teri medan (teri berwarna putih dan ukurannya relatif kecil). Perpaduan kacang dan teri ini yang dicampur dengan sambal menjadi satu kesatuan rasa yang nikmat.

Teri kacang sering dijadikan sebagai lauk sehari-hari. Teri kacang ini salah satu sambal yang sangat di favoritkan bagi masyarakat batak khususnya bagian Tapanuli Selatan. Bahan yang tersedia seperti teri medan dan kacang cukup mudah ditemui di pasaran. Ikan teri yang dijual dipasaran juga berbagai macam ukuran dan varian, sehingga teri kacang dapat dikreasikan dengan jenis-jenis dan ukuran ikan teri lainnya.  Bahan yang digunakan dalam pembuatan teri kacang ini selain ikan teri dan kacang yaitu cabai, bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam.

Teri kacang biasanya selain lauk sehari-hari juga dapat dihidangkan pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, arisan, acara keluarga, acara keagamaan, (pengajian, maulid nabi, israj dan mi’raj). Penyajian teri kacang yang digoreng membuat teri kacang ini tahan lama, dan biasanya tahan dua hari dibandingkan dengan makanan gulai kuah santan yang hanya tahan sehari. 

Teri kacang ini juga sangat recommended banget buat pecinta kuliner. Jadi teman-teman yang senang buat nyobain kuliner nusantara wajib banget nyoba teri kacang khas tapanuli ini, dan soal rasa dijamin pasti tidak akan mengecewakan kok.

Teri dan kacang harus dimasak pada keadaan matang, dan jangan terlalu matang. Jika teri atau kacang dimasak terlalu matang akan ada rasa pahit-pahitnya. Jadi buat ibu-ibu dirumah yang lagi ingin memasak teri kacang sendiri saya sarankan teri dan kacangnya jangan terlalu matang ya. Biar gak ada rasa pahit-pahitnya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon