6 Okt 2017

Pesona Danau Buatan Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Romantisme di Embung Nglanggeran @septea_chan

Berbicara tentang keindahan alam yang ada di Jogja memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata pantai, wisata perbukitan, wisata gunung, wisata budaya maupun wisata kuliner. Kreativitas penghuni jogja selalu memberikan keunikan baru di suatu tempat wisata salah satunya Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran dulunya adalah sebuah bukit. Kini menjadi objek wisata baru dan favorit bagi para wisatawan.  Berkat peran pemerintah dan masyarakat sekitar yang mengubah bukit ini menjadi sebuah embung yang berada tepat diatas bukit tentunya menjadi daya tarik besar bagi para wisatawan khususnya para pemudi.

Romantisme keindahan embung ini dimalam hari sudah tidak diragukan lagi. Untuk Anda yang ingin berlibur ke Embung Nglanggeran waktu terbaik untuk berkunjung adalah di malam hari. Sudah tidak sabar kan mengajak pasangan Anda kesini?

Gazebo di Tepi Embung Nglanggeran @yanoe_photography

Selain menjadi tempat wisata embung ini juga memiliki fungsi sebagai penyimpan air yang difungsikan untuk mengairi kebun-kebun yang ada di bawah Bukit Nglanngeran. Oleh karena itu, tempat ini juga sering disebut sebagai Kebun Buah Nglanggeran.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini juga sudah tergolong lengkap mulai dari lahan parkir yang luas, toiletm pendopo, warung, tempat duduk yang terbuat dari cor-coran semen hingga gazebo yang bisa melindungi para pengunjung dari terik matahari ataupun air hujan.

Embung Nglanggeran bertetanggaan dengan tempat wisata Gunung Api Purba. Meskipun tidak sefenomenal Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran ini juga menawarkan pemandangan yang lebih  tinggi dan tidak kalah cantinknya untuk berburu sunset.

Untuk biaya retribusi di Embung Nglannggeran dikenakan biasa masuk Rp 7.000. Biaya yang tidak terlalu mahal dan terjangkau bagi para traveler. Murah bukan?. Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 7.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan permadani alam yang begitu menawan.

Lokasi Embung Nglanggeran ini berada di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Waktu tempuh dari kota Jogja menuju Embung ini sekitar 45-60 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menuju lokasi ini kami sarankan menggunakan kendaraan bermotor yang dapat menaklukkan medan.Jalan menuju ke lokasi ini belum begitu baik, maka untuk para pengendara berhati-hati selama di perjalanan.

Bagi para pengunjung yang berasal dari luar Jogja dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama berlibur di Jogja. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga terjangkau dan pas di kantong para traveler serta pelayanan yang bersahabat, tentunya membuat liburan Anda semakin bermakna.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon