20 Okt 2017

Keindahan Air Terjun Setawing, Si Cantik dari Kulon Progo

Air Terjun Setawing @dolandolen

Anda suka dengan wisata yang berbau petualangan? Air Terjun Setawing hukumnya wajib untuk Anda kunjungi. Waw. Pesona air terjun di Kulon Progo memang tak pernah ada habisnya. Air Terjun Setawing ini dikenal juga sebagai Curug Setawing.

Air Terjun Setawing belakangan ini menjadi buah bibir bagi para wisatawan. Nama Air Terjun Setawang berasal dari bahasa lokasi yaitu “se” artinya satu, dan “tawing” artinya tebing. Penamaan ini disesuaikan dengan keadaan air terjun yang berada di tebing sekitar 18-20 meter.

Retribusi ke Air Terjun ini semuanya gratis. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan uang sukarela serta sara kemajuan pengembangan wisata alam air terjun ini. Jarak dari lokasi parkir menuju air terjun ini sekitar 100 meter melewati jalan cor-coran.
Kondisi jalan dari parkiran menuju air terjun terbilang nyaman, rindang karena di sebelah kiri kanan jalan terdapat pepohonan.

Air Terjun Setawing @anekawisata

Kesejukan air yang memecah bebatuan ketika terjun dari atas tebing sudah terdengan saat masih berada di jalan setapak. Puluhan meter percikan air terjun ini akan membasahi tubuh Anda.

Air terjun yang cantik dengan batuan tebingnya yang merupakan batuan gamping berwarna kuning keemasan. Disamping menikmati keindahan air terjun yang indah, tidak hanya itu Anda juga bisa menikmati keasrian air terjun di taman yang ada di sekitar air terjun yang berkonsep bernuansah pedesaan.

Fasilitas yang ditawarkan di air terjun ini tidak hanya bangku-bangku yang disusun rapi yang terbuat dari bambu, tempat penjual makanan juga tersedia di air terjun ini, jadi Anda tidak usah khawatir kehausan atau pun kelaparan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini disarankan untuk Anda kunjungi pada musim penghujan, dan peralihan antara musim penghujan menuju musim kemarau. Karena debit air terjun bergantung pada curah hujan. Saat musim kemarau air akan menyusut dan bahkan kering. Sehingga sangat mustahil sekali bukan untuk melihat keindahan air terjun?.

Lokasi Air Terjun Setawing
Lokasi Air Terjun Setawing berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulon Progo, Yogyakarta, tepatnya persis berada di belakang pasar Jonggarangan. Jarak tempuh dari Kota Jogja menuju air terjun ini sekitar 1-1,5 jam perjalanan.

Untuk menuju lokasi ini sangat disarankan untuk Anda menyiapkan kendaraan prima jika hendak mengunjungi objek wisata di pegunungan Menoreh karena banyak sekali jalan yang berupa tanjakan.  Untuk mempermudah perjalanan Anda disarankan menggunakan sepeda motor.

Bagi wisatawan yang berencana untuk berwisata ke Air Terjun Setawing dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama berada di Kota Jogja. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga terjangkau dan pelayanan yang bersahabat.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata air terjun setawing, wisata air terjun kulon progo.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon