27 Agu 2020

Gunung Sepikul, Menikmati Keindahan Sukoharjo Dari Atas Ketinggian

Solopos Sukoharjo Gunung Sepikul


Sukoharjo adalah kota kecil yang masih berada di wilayah Karesidenan Surakarta. Kota yang dikenal dengan industri ini ternyata mempunyai keindahan yang super lengkap. Ada wisata buatan yang diwakilkan oleh Pandawa Water World. Selain itu ada juga pesona alam yang luar biasa indahnya.

Gunung Sepikul adalah tempatnya, salah satu gunung purba yang dimiliki Skoharjo. Sama seperti halnya gunung api purba Nglanggeran. Kawasan ini memang bukan sebuah gunung dan terbentuk dari gunung purba yang ada sejak berjuta tahun yang lalu. Tumbuh dan berkembang sehingga menjadi titik pendakian seperti yang anda lihat sekarang.

Gunung Sepikul
Nama lain dari kawasan ini adalah Bukit Sepikul atau Situs Danyangan, ada juga yang menyebutnya dengan nama Komplek Batu Seribu. Disini, Anda akan disuguhkan beberapa spot menarik seperti watu jaran, watu kandang, watu tinggik, watu pawon, watu tumpuk. Disini Anda akan disajikan dengan keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan tulisan sekalipun.

Gunung Sepikul

Diantara 5 spot ini ada satu yang memang paling favorit. Kata wisatawan lain, spot ini memang paling kece dan bikin hati geregetan, keindahannya kebangetan. Kawasan tersebut adalah watu Tumpuk, untuk mencapai lokasi ini Anda harus berkeringat dan berjibaku dengan diri sendiri. Karena naik menuju puncaknya wajib mengeluarkan tenaga. Walaupun ada beberapa dari mereka mengatakan jalurnya tidak terlalu sulit.


Mempunyai sudut kemiringan kurang lebih 40 hingga 60 derajat, membuat Anda harus berhati-hati bila ingin mendaki puncak ini. Waktu tempuh menuju ke atas antara 15 hingga 45 menit, tergantung dari seberapa kuat anda bertahan dan menanjak hingga ke titik tertinggi. Seperti sebuah kehidupan yang selalu berkutat pada mimpi.
Dari sini, Anda akan disuguhkan dengan alam Sukoharjo yang mempesona. Sawah-sawah, perbukitan, serta hutan tampak di depan mata. Seperti sebuah lukisan tangan-tangan pelukis ternama. Bila Anda beruntung dengan langit cerah, pesona gunung merbabu akan terlihat secara nyata. Sungguh perpaduan yang sangat sempurna.

Legenda
Bukan wisata di Jawa namanya bila tidak ada hubungannya dengan sebuah legenda, atau cerita rakyat yang menjadi sajian menarik lainnya. Dimana, tempat ini hadir dengan kisah Bandung Bondowoso yang terkena tipu daya dari Roro Jonggrang. Bebatuan yang dianggurkan oleh Bandung Bondowoso pun menjadi objek wisata andalan Sukoharjo.

Gunung Sepikul @misbah.munir.69

Rute Lokasi
Gunung Sepikul terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.  Jarak dari pusat kota Sukoharjo kurang lebih 20 km. Bila anda memulai dari kota Surakarta, jarak yang harus ditempuh adalah 32 km.

Menuju ke tempat ini anda bisa menuju ke terminal induk wonogiri. Lalu, melewati jalur alternatif wonogiri – jogja. Ikuti saja jalan ini nanti anda akan menemukan gapura objek wisata Gunung Sepikul berada di kiri jalan. Ikuti saja papan petunjuk yang sudah tersedia disini.

Harga Tiket Masuk
Tempat ini tidak menetapkan harga masuk hanya saja Anda wajib membayar uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor, dan juga 10 ribu rupiah bagi Anda yang membawa mobil. Harga yang cukup murah bukan, dengan pesona yang disajikan disini.

Gunung Sepikul adalah objek wisata yang saat ini namanya sedang naik daun. Menjadi perbicangan nitizen membuat setiap orang wajib mengunjungi tempat ini. Ayo datang dan saksikan secara langsung keindahan tempat ini. Dijamin, Anda akan enggan untuk berkedip sedetik pun.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon