7 Apr 2020

Candi Sukuh Karanganyar, Mitos Tentang Kesetiaan yang Di Percaya Manjur

Reruntuhan Candi Sukuh
Reruntuhan Candi Sukuh by Shunsuke Yamamura

Selain air terjun, Karanganyar mempunyai tempat terindah lainnya yang bisa dinikmati yaitu Candi Sukuh. Dimana, tempat ini menghadirkan berbagai macam mitos yang menarik untuk disimak dan dinikmati. Apakah itu? Mari kita simak, penjelajahannya di bawah ini,

Candi Sukuh
Saat Anda memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan suasana yang sangat berbeda dari tempat wisata lainnya. Sejuk, tenang, dan teduh adalah hal yang bisa Anda rasakan disini. Rasanya enggan untuk pergi dan beranjak dari sini.

sekilas info*
Bagi kamu yang membutuhkan Rental Motor di Jogja langsung  Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821

Pertama kali ditemukan oleh Arkeolog pada masa pemerintahan  Gubernur Raflesia  pada tahun 1815. Dibangun pada masa pemerintahan raja Majapahit pada tahun 1429 – 1446. Di tempat ini ada sebuah mitos menarik tentang keperawanan yang sangat di percaya pernah mengalami pemugaran pada tahun 1928.

Candi Sukuh Karanganyar
Candi Sukuh by Tambang Raras

Bila dilihat secara mendalam, bentuk dari candi ini seperti trapesium dan cenderungnya mirip dengan piramida di Mesir yang merupakan  peninggalan situs maya  di Meksiko atau Suku Situs Suku Inca yang berada di Peru.

Pembangunan tempat ini pun memang sedikit tergesa-gesa. Lantaran pada saat itu, kondisi di kerajaan Majapahit  memang sedang kacau. Sehingga, kondisi candi telihat tidak teratur. Candi ini terdiri dari 3 teras dimana teras pertama  terdapat gapura utama dan sengkala mamet.

Tempat ini pun mempunyai relief dan patung yang menggambarkan lingga dan yoni. Dimana, patung atau relief ini perwujudan dari alat kelamin manusia lelaki dan juga perempuan serta Rahim yang diukir sangat jelas.

Candi Sukuh Karanganyar
Candi Sukuh Karanganyar by Lawrence Oei

Nah, kawasan ini pun mempunyai sebuah mitos yang selalu dipercaya yaitu tentang ujian kesetiaan. Dimana, Anda bisa meminta istri berjalan melewati patung lingga dan yoni yang ada di lantai bawah. Bila kain yang digunakan robek berarti pertanda tidak setia jika, seorang gadis dan kainnya robek dan meneteskan darah maka, gadis tersebut sudah tidak perawan. Bagi ujian keperjakaan, setelah mengelilingi tempat ini jika ia sudah tidak perjaka maka ia tidak akan menahan kencing yang tidak tertahankan.

Rute Lokasi
Candi sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak dari kota Solo adalah 36 km. Bila dari pusat kota Karanganyar 20 km. Menuju ke kawasan ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja.

Sebelum Anda menuju ke Candi Sukuh disarankan untuk melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi kendaraan Anda. Lantaran menuju ke titik lokasi jalannya memang sedikit menanjak walaupun sudah bagus.

Namun, tanjakan ini wajib berhati-hati apalagi bagi Anda yang menggunakan motor matic. Ikuti saja papan petunjuk yang menjadi sebuah peta petunjuk menuju ke Candi Sukuh ini yang mempunyai ketinggian 910 mdpl.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk kawasan ini adalah 7 ribu rupiah saja. Anda akan diberi kain poleng. Dimana, kain ini digunakan untuk menghormati Candi Sukuh yang juga masih di gunakan sebagai tempat peribadatan. Jam operasional kawasan ini akan buka pada pukul 8 pagi dan akan tutup pada pukul 5 sore.

Candi Cetho adalah kawasan terindah yang ada di karanganyar. Coba datang pada sore hari, Anda akan menikmati perpaduan sempurna antara sinar matahari dengan bangunan kuno ini. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Candi Sukuh?

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon