23 Jul 2019

Air Terjun Jumog, Indahnya Sampai ke Telinga Mancanegara

Air Terjun Jumog @camerawisata

Lereng Gunung Lawu memang tidak akan pernah habis bila terus di jelajahi. Diantara tempat tersebut adalah Air Terjun Jumog yang tidak kalah eksotisnya dengan beberapa air terjun yang ada di karanganyar. Uniknya tempat ini adalah banyak sekali wisatawan mancanegara dan juga nusantara yang hadir untuk melihat betapa megahnya objek wisata ini.

Air Terjun Jumog
Warga sekitar sering menyebut tempat ini sebagai air terjun kembar. Dimana, bila dilihat dari jauh Anda akan menikmati dua buah air terjun yang turun. Padahal, kalau Anda melihatnya dari dekat, Anda akan melihat satu air terjun saja. Lantaran, air ini mengenai sebuah batu. Sehingga, terjunan air ini terpecah jadi, banyak pengunjung mengira bila kawasan ini mempunyai dua air terjun.

Air Terjun Jumog @camerawisata

Sama seperti halnya di Grojogan sewu, tempat ini mempunyai dua pintu masuk. Pintu yang pertama Anda harus menuruni kurang lebih 126 anak tangga. Tetapi, bila di pintu masuk ke dua, Anda jalannya cukup ramah dan pintu ini baru dalam proses pengembangan. Jadi, harap maklum bila ada yang kurang sempurna.

Masuk pertama kali disini, Anda akan disambut dengan pepohonan yang menjulang tinggi berwarna hijau yang menyegarkan mata. Disini, Anda juga bisa menikmati arena kolam renang yang sudah ramah dengan berbagai macam wahana, yaitu hadirnya ember tumpah yang sangat menyegarkan. Kolam renangnya pun cukup bersih.

Air Terjun Jumog @tirtahardipranata

Tidak hanya kolam renangnya saja melainkan, kebersihan kawasan ini juga bisa diacungi jempol. Walaupun, hadir dedaunan yang berguguran tetapi, ada beberapa petugas yang berjibaku untuk membersihkan dedaunan ini. Cobalah untuk menikmati segarnya air di Jumog, saat air ini menyentuh kulit kesegaran akan sangat terasa.

Uniknya lagi, Anda bisa menikmati spot foto yang menghadirkan 2 jembatan. Biasanya banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai titik spot selfie yang paling menarik. Jalan menuju ke titik air terjun tidak terlalu tinggi cukup landai. Tempat ini pun juga menghadirkan warung-warung yang biasa digunakan untuk menikmati berbagai macam kuliner yang nikmat.

Air Terjun Jumog @visitjawatengah

Rute Lokasi
Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Menuju ke kawasan ini pun cukup mudah. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mulai dari kota Solo. Arahkan kendaraan menuju ke Terminal Karangpandan. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju kearah kebun teh Kemuning.

Setelah melewati gapura, ikuti papan petunjuk yang sudah tersedia. Bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum bisa memulai dari terminal bus tirtonadi Solo. Kemudian, naik bus menuju kearah terminal Karangpandan. Dari sini, lanjutkan perjalanan menuju ke terminal Ngargoyoso dengan menggunakan elf atau bus mini.

Turun di gapura selamat datang di Jumog kemudian, lanjutkan dengan menggunakan ojek atau becak. Harga bus yang harus dibayar adalah 5 ribu rupiah saja. Sehingga, menggunakan transportasi umum ke sini hanya membutuhkan uang sebesar 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.


Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah. ditambah dengan harga tiket parkir untuk motor 3 ribu rupiah dan bagi yang menggunakan mobil akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah.

Air terjun Jumog adalah pesona dari Gunung Lawu yang seakan tidak akan pernah ada habisnya. Memiliki suasana dan nuansa yang mengesankan. Apalagi beberapa fasilitas yang dihadirkan pun juga begitu mempesona. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi tempat ini?

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon