12 Feb 2019

Asal - Usul dan Daya Tarik Air Terjun Parang Ijo, Karanganyar, Jawa Tengah

Eksotis Jogja

Karanganyar memang memiliki berbagai macam keindahan yang tidak akan pernah habis bila terus di explore. salah satunya adalah Air Terjun Parang Ijo. Dimana, ada sisi menarik yang bisa dikupas tuntas disini. Tidak hanya dari keindahan pemandangannya saja melainkan, bisa juga dengan cerita asal-usulnya yang menakjubkan.

Asal-Usul
Air Terjun Parang Ijo berasal dari sebuah peristiwa banjir yang dahulu pernah terjadi di kawasan ini. Nama dari peristiwa banjir ini adalah Baru Klinting. Jadi, pada waktu itu, ada sebuah pohon keramat yang tidak bisa di tebang. Nah, pada saat terjadi banjir bandang ternyata pohon ini pun ikut tumbang dan terbawa arus air.

iklan* Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Pohon ini kembali tumbuh tetapi, di lokasi diantara tebing. Sehingga, air yang mengalir ke bawah berwarna hijau. Oleh karena itu, tempat ini disebut dengan nama Parang Ijo. Nah, Baru Klinting pun kembali terjadi, dan kali ini lebih deras dari yang pertama. Akibat dari peristiwa ini, terbentuklah sebuah air terjun.

Daya Tarik
Keindahan dari kawasan ini terletak dari hijaunya dedaunan yang ada di sekitar. Anda memang wajib menuruni beberapa anak tangga. Tetapi, tenang tidak terlalu jauh hanya beberapa ratus saja, Anda sudah bisa menikmati aliran air terjunnya.

Ada dua patung Lingga Yoni dan Arca Dwapala. Dimana, arca ini memang digunakan sebagai patung selamat datang, yang akan menyambut Anda sebelum naik sedikit ke atas menikmati keindahan air terjunnya.

Eksotis Jogja


Debit air Parang Ijo memang tidak terlalu deras. Tetapi, Anda bisa menikmati setiap aliran airnya dari setiap rembesan air di dinding-dinding yang sudah berlumut. Sungguh, pemandangan yang tidak pernah bisa terlupakan.

Apakah hanya ini saja daya tarik Parang Ijo? Tunggu dulu, tempat ini masih mempunyai kawasan yang kece lagi. Tetapi, Anda harus naik sedikit ke atas bukit. Disini, Anda bisa menikmati arena flying fox. Dan nuansa perbukitan yang mempesona hati. Ada gardu pandang yang difungsikan untuk melihat bagaimana indahnya wilayah Ngargoyoso.

Sayangnya, kawasan menuju ke gardu pandang ini masih sepi dan tersedia beberapa pondok untuk beristirahat. Nah, pondok inilah yang digunakan beberapa anak muda untuk berduaan memadu kasih. Semoga, setelah banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini. mereka tidak akan berduaan di tempat ini lagi. Sehingga, pemandangan yang dihasilkan benar-benar bisa menyegarkan mata.

iklan* Rental Motor Jogja Call/WA 082233008821 atau klik link WhatsApp https://wa.me/6282233008821 untuk terhunung langsung dengan WA

Rute Lokasi
Air terjun Parang Ijo terletak di Jalan Munggur Raya, Minggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Menuju ke tempat ini cukup mudah. Anda hanya perlu naik bus dari Terminal Giwangan menuju ke Terminal Karangpandan.

Kemudian, lanjutkan perjalanan dari Terminal Karang Pandan menuju ke Terminal Ngargoyoso menggunakan elf atau mini bus. Selanjutnya, Anda bisa naik ojek untuk mengantar menuju ke titik lokasi. Bagaimana, mudah sekali bukan menuju ke kawasan ini?

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk kawasan ini hanya 5 ribu rupiah saja. ditambah dengan biaya parkir untuk motor dikenakan biaya sebesar 3 ribu rupiah dan untuk mobil akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah. Harga yang murah bukan, untuk menikmati berbagai macam keindahan dan pesona yang mampu menghadirkan rindu untuk datang kembali disini.

Air Terjun Parang Ijo memang sebuah tempat wisata yang sangat mempesona. Berada di dekat perkebunan teh yang hijaunya mampu menyejukkan mata, seperti halnya objek wisata ini. Ayo datang dan nikmati pesona yang disajikan Air Terjun Parang Ijo khusus untuk anda.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon