Pesona Bunker Kaliadem Jogja Dibalik Keganasan Letusan Gunung Merapi

Bunker Kaliadem Jogja @ShopBack

Dibalik keganasan letusan Gunung Merapi ternyata gunung ini juga menyimpan potensi wisata yang bisa digali. Salah satunya adalah Kawasan Wisata Kaliadem, Bungker Kaliadem. Tempat wisata ini sangat cocok buat Anda untuk mengisi waktu liburan Anda bersama keluarga, teman, atau pacar.

Sebelum terjadinya letusan dasyat Gunung Merapi, dulunya Kaliadem merupakan suatu tempat wisata sekaligus camping area untuk para pendaki. Begitu sangat mengesankan kaliadem di masa lalu, pemandangan sekitar yang masih asri dan udara yang sejuk.

Kaliadem merupakan salah satu saksi bisu terjadinya bencana letusan gunung Merapi pada tahun 2006 yang memakan banyak korban jiwa dan yang memporak-porandakan kawasan ini. Ada dua korban yang ditemukan tewas mengenaskan di bunker bawah tanah akibat terjangan awan panas.

Bunker Kaliadem Sebelum Merapi Meletus @volcano tour merapi

Saat ini wisata Kaliadem ini yang tersisa hanyalah hamparan pasir dan batuan-batuan vulkanik sebagai saksi bisa atas bencana dasyat meletusnya Gunung Merapi. Dan bunker bawah tanah masih terlihat dengan indahnya sebagai spot favorit para wisatawan.

Anda pasti tidak akan menyangka bahwa dulunya Kaliadem ini adalah lokasi favorit para pendaki untuk mendirikan tenda.  Kini sejauh mata memandang Anda akan melihat puing-puing hamparan pasir sisa bencana alam silam.

Bunker Kaliadem kini dijadikan sebagai spot foto favorit bagi para pengunjung, dimana dulunya tempat ini adalah tempat perlindungan para relawan. Dimana dalam bungker ini ada dua relawan yang meninggal dunia akibat dari letusan gunung Merapi.

Lokasi Tempat Wisata Bunker Kaliadem
Bunker Kaliadem ini berlokasi di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak Jogja Kota menuju lokasi ini sekitar 30 km dan menempuh waktu 30-60 menit perjalanan menggunaka sepeda motor.

Bunker Kaliadem Jogja @atmajatour

Setelah Anda sudah puas mengabadikan momen dengan memainkan lensa kamera Anda, setelah itu Anda dapat beristirahat di warung-warung yang berada di sekitar area untuk menghilangkan lapar dan dahaga setelah berjalan-jalan mengitari kawasan wisata ini.

Selain makanan dan minuman, para pedagang juga menjual video dan foto-foto yang menggambarkan bagaimana proses lelehan lava pijar dan besarnya letusan dari gunung ini pada tahun 2006 lalu. Terdapat juga bagaimana jenazah dua korban relawan yang ditemukan tewas mengenaskan di bunker akibat terjangan wedhus gembel.

Tentunya untuk menikmati keindahan wisata sejarah ini Anda juga perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang dan uang parkir sebesar Rp 10.000. Akan tetapi harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola.

Anda juga dapat menikmati kawasan wisata ini dengan menggunakan mobil jeep berupa Lava Tour. Untuk layanan jasa Lava Tour sendiri memasang tarif tersendiri sesuai dengan rute yang diinginkan oleh para wisatawan. Untuk rute pendek Rp 350.000 dan untuk rute panjang Rp 650.000 per kelompok. Tenang saja, meskipun harga yang dipasang relatif mahal akan tetapi masih sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Dijamin Anda tidak akan menyesal.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Bunker Kaliadem ini?. Yuk… Rencanakan liburan Anda bersama keluarga, teman atau pacar Anda ke Wisata Bunker Kaliadem ini.

Bagi para wisatawan yang berencana untuk berlibur ke Kota Jogja dan tidak mempunyai kendaraan pribadi selama berlibur di Jogja kami sarankan untuk sewa/ rental motor. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harg terjangau dan pelayanan yang prima.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon