11 Okt 2017

Ketika Hutan Mangrove Congot Disulap Menjadi Wisata Hits di Kulon Progo

Spot Foto Bagan Api Api @piknikasik

Ingin berwisata ke hutan Mangrove? Hutan Mangrove Congot Kulon Progo pilihannya. Hutan Mangrove tentunya tidak begitu asing lagi di telinga Anda. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis dalam suatu sistem. Fungsinya mencegah abrasi, menjernihkan air, tempat hidup bagi fauna di hutan bakau.

Bayangkan jika suatu hutan mangrove yang awalnya dimanfaatkan untuk menjaga keseimbangan alam disulap menjadi tempat wisata hits yang instagramable. Foto yang di potret dengan latar belakang flora nan hijau tentunya memberikan kesan segar pada foto Anda.

Hutan Mangrove yang hits wajib kamu kunjungi yang instagramable banget sangat direkomendasikan Hutan Mangrove Congot Kulon Progo sebagai salah satu list destinasi tujuan berlibur Anda. Dijamin keindahan yang ditawarkan di Hutan Mangrove ini gak bakalan membuat Anda kecewa.

Awalnya hutan mangrove ini dikelola oleh mahasiswa S2 UGM yang ditanam untuk ditetliti dengan tujuan penanam agar dapat mencegah abrasi. Mahasiswa S2 UGM ini dipanggil warga dengan sebutan Cut.

Hutan Mangrove Congot Kulon Progo saat ini sudah ada empat lokasi area wisata di Kawasan Hutan Mangrove ini,  yaitu Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kedilawung, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari.

Hutan Mangrove @maripiknik

Dari keempat lokasi wisata ini Pantai  Jembatan Api-Api lah yang paling hits. Faktanya para pengguna sosial media khususnya insagram sangat banyak menggunakan hastag #jembatanapiapi. Pemberian nama jembatan api-api ini berasal dari salah satu jenis mangrove yang ditanama di area tersebut.

Tiket masuk menuju lokasi ini tidak begitu mahal yaitu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000. Para pengunjung sudah dapat berkeliling mengitari kawasan hutan mangrove. Anda bisa mengabadikan momen liburan Anda di spot foto yang sudah disediakan di tempat lokasi ini, baik bersama teman, pacar, ataupun keluarga Anda.

Lokasi hutan mangrove secara administrasi berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Letak dusun ini berada di sebelah barat sungai bogowonto. Jarak tempuh dari Jogja Kota menuju tempat ini adalah sekitar 1-2 jaman.

Alternatif buat para wisatawan yang berlibur ke Jogja dengan menggunakan sepeda motor karena belum ada angkutan umum yang langsung beroperasi menuju pantai ini. Sehinga Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar Jogja dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama berada di Kota Jogja. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga terjangkau dan pelayanan bersahabat yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon