Senin, 09 Oktober 2017

Kerlap-Kerlip Alun Alun Kidul, Pesona Halaman Belakang Kraton di Malam Hari



Odong-Odong Berlampu di Alkid  @somethingreallyserious
Jogja begitu istimewa, julukan ini sudah tak asing lagi bagi pemuda-pemudi perantau. Bagi Anda yang berlibur ke kota Jogja tentunya jangan lewatkan spot foto romantis ini. Alun-Alun Kidul adalah tempat terbaik untuk nongkrong bersama teman, dengan pesona Jogja yang riuh sekaligus syahdu.

Alun-Alun Kidul dikenal dengan sebutan Alakid. Wisata malam hari yang dipenuhi dengan gemerlap lampu warna-warni tentunya yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Sebelum menjadi wisata malam hits, dulunya alun-alun ini dijadikan sebagai sasana latihan ketangkasan untuk para prajurit-prajurit Kraton. Konon Alun-Alun Kidul ini dibangun sebagai halaman belakang agar nampak seperti di bagian depan yang ditanami dengan pohon beringin kembar. Tujuannya agar Keraton tidak terseksan membelakangi Laut Selatan yang dikuasai oleh seorang Ratu fenomenal yang bernama Nyi Roro Kidul.

Keindahan yang ditawarkan di Alun-Alun Kidul ini adalah Masangin. Masangin ini merupakan aktivitas yang dilakukan untuk melewati dua pohon beringin atau beringin kembar. Aturan main dari masangin ini adalah Anda harus berjalan kaki dari ujung alun-alun dengan mata tertutup. Untuk melewati pohon beringin kembar ini tidak semudah yang dibayangkan. Rata-rata orang memerlukan lebih dari 1 kali percobaan untuk melewati pohon beringin.

Suasana Alkid @yogja

Sejarah masangin ini berawal dari ritual topo bisu mubeng beteng yang selalu di lakukan tiap malam 1 suro. Selama mengitari benteng ini orang-orang tidak boleh mengeluarkan suara. Akhir dari ritual ini adalah melewari ringin kurung (beringin kembar). Konon diantara beringin ini ada yang dinamakan rajah sebagai penolak bala. Orang-orang yang memiliki hari ikhlas dan bersih dapat melewati beringin kembar ini. Dan bagi orang-orang yang berniat jahat tidak akan lolos.

Anda juga bisa menikmati mobil odong- odong yang dihiasi dengan lampu warna warni bersama pasangan Anda. Fasilitas yang disediakan di mobil odong-odong gemerlap bak bintang ini adalah musik dengan loudspeaker yang keras. Sehingga Anda bisa mendayuh mobil odong-odong ini dengan gembira dan menyenangkan.

Selain odong-odong, sepeda tandem juga salah satu wahana yang menjadi favorit pengunjung. Anda bisa berkeliling alun-alun dengan menyewa sepeda tandem seharga Rp 15.000 dan Rp 30.000 untuk odong-odong.

Lokasi Alun-Alun Kidul atau yang dikenal dengan halaman belakang keraton ini berada di Jl. ALun-Alun Kidul, Yogyakarta. Semua orang dapat mengakses Alun-Alun ini karena lokasinya yang berada di Jogja Kota.

Bagi para pengunjung yang sedang berlibur di Yogyakarta dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama di Jogja, Anda tidak perlu khawatir. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga yang bersahat dan pas di kantong para traveler.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon