5 Okt 2017

Aliran Air Terjun Sri Gethuk Si Gemuruh Pemecah Hening

Air Terjun Sri Gethuk @rentalmobiljogjamurah

Mengingat kota Yogjakarta yang memiliki topografi yang beragam, maka tidak heran, jika Provinsi Yogyakarta memiliki banyak air terjun yang mengalir manja. Keindahan yang memukau tak pernah berhenti memancarkan keeksotisannya.

Meskipun Kabupatern Gunung Kidul digadang-gadangkan memiliki wilayah tandus dan kering ternyata menyimpan pesona air terjun yang serupa dengan Grand Canyon di utara Arizona, Amerika Serikat. Hijaunya permadani-permadani di sekitar air terjun dan Air yang selalu mengalir tanpa mengenal musim.

Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan salah satu spot wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Disebut sebagai Air Terjun Sri Gethuk konon masyarakat di Dukuh Menggoran masih sering mendengar adanya suara gamelan yang terdengar mistis mengalun indah dari arah air terjun. Mengerikan bukan?

Meskipun air terjun ini masih menyimpan kesan mistis, tetapi tidak menghambat para pengunjung untuk berwisata ke tempat ini. Lokasi Air Terjun yang menyuguhkan keindahan alam membuat para pemburu foto berdatangan ke tempat ini.

Untuk menuju Air terjun ini Anda melalui dua rute. Pertama menyusuri jalan setapak menuju air terjun. Kedua, menaiki rakit melawan arus dari Sungai Oya. Agar dapat menikmati keindahan Sungai Oya, disarankan menaiki rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan.

Rakit Menuju Air Terjun @initempatwisata

Berdasarkan mitos dari cerita masyarakat sekitar, air terjun ini merupakan tempat penyimpanan kethuk yaitu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon, suara gamelan dengan nada indah masih sering terdengar oleh masyarakan sekitar.

Air yang mengalir dan melimpah ruah, keidndahan bebatuan di bawah air terjun, kejernihan air, keteduhan pepohonan di sekitar air terjun, menjadi satu paket yang sempurna saat berlibur ke air terjun ini.

Air Terjun Sri Gethuk ini berada di Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari Kota Jogja menuju lokasi ini sekitar 1-2 jaman. Dengan akses yang cukup baik, tetapi disarankan menggunakan sepeda motor, karena ada beberapa jalan berbatu menuju lokasi ini. Air terjun Sri Gethuk ini merupakan air terjun yang masih dikelola oleh masyarakat setempat. Sehingga tidak ada tiket masuk. Hanya tiket terusan bagi para pengunjung untuk menuju Goa Rancang Kencono.


Bagi para wisatawan yang sedang berlibur ke jogja. Saat berada di Jogja tentunya Anda tidak memiliki kendaraan pribadi. Untuk mempermudah liburan Anda agar terasa lebih bermakna, Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga yang pas di kantong traveler serta persyaratan yang tidak pakai ribet.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon