Minggu, 17 September 2017

Keindahan Wisata Goa Pindul Jogjakarta, Gunungkidul

Goa Pindul

Selain Pacitan yang terkenal dengan negeri seribu goa, Jogja juga tampi dengan menawarkan keindahan goanya. Objek yang tergolong langka untuk daerah yang diluar jawa membuat objek wisata goa-goa ini sangat fenomenal. Ditambah lagi dengan mitos yang mengatakan bahawa bebatuannya dapat membuat perkasa dan awet muda. Goa Pindul memang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri baik dari segi sejarah terbentuknya, mitos batuannya, hingga ke sistem hidrologinya.

Berwisata ke goa pindul untuk melakukan susur gua ditemani dengan berbagai pakar pemandu yang sudah mendapat pelatihan-pelatihan, karena pelatihan-pelatihan ini sangat berpengaruh terhadap pelayanan dalam memandu wisatawan.

Dalam susur gua, anda dapat menikmati batu yang meruncing di langit-langit goa yang disebut dengan stalagtit dan batu yang meruncing di dasar gua yang disebut dengan stalagmit baik yang masih aktif ataupun tidak aktif selalu menghiasi Goa Pindul.Batu-batu tersebut juga mempunyai mitos-mitos yang unik, namun anda dapat tanyakan ke pemandu Goa Pindul untuk hal yang lebih detailnya.

Di zona tengah dari susur gua akan terlihat zona yang paling sempit. Karena di bagian tengah ini terdapat stalagmit yang sangat lebar yang disebut dengan “ Suku Guru” yang berarti sebuah tiang penyangga dengan kedua bukit yang terletak diatas Goa Pindul, yang panjang stalagtitnya kurang lebih 7 meter.

Goa Pindul

Setelah melewati zona ini anda akan melewati zona kelelawar yang tidak berbahaya. Jadi, anda tidak usah takut ya dengan kelelawarnya. Para kelelawar yang ada di Goa ini hatinya baik dan ramah. Karena kelelawar jenis ini adalah kelelawar pemakan serangga yang ada di Goa Pindul. Dalam susur goa ini anda dapat melihat cahaya indah yang berasal dari atas yang disebut dengan cahaya surga. Biasanya cahaya ini akan tampak sekitar jam 10-12 siang dan cuaca cerah.

Sesampainya di goa vertikal pemandu akan menyarankan anda untuk melepas ban pelampung dan mempersilahkan berenang, melompat dan mengabadikan momen disana. Tentunya anda masih dalam pengawasan para pemandu. Dalam hal ini anda dilarang untuk melepas jaket pelampung, jadi anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang, anda akan aman tetap mengapung.

Setelah selesai susur goa nanti anda akan dijemput dengan transportasi unik yang bernama Pajero Pindul dan akan diantarkan kembali ke basecamp. Susur Goa Pindul sangat recommended sekali buat anda yang akan berlibur ke Jogja, disamping melihat keindahan alam yang ada juga anda akan takjub dengan kekuasan Yang Mahakarya.

Goa Pindul ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja ke Goa Pindul menempuh waktu sekitar 1-2 jam pada kecepatan normal dengan kendaraan. Akses menuju Goa Pindul tergolong baik, karena jalan yang dilalui tergolong baik dan beraspal.

Wisata di jogja yang tersebar di berbagai daerah dapat dijangkau dengan kendaraan. Baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat. Akan tetapi, untuk dapat menjangkau ke semua tempat wisata yang tergolong agak jauh dari pusat kota kami merekomendasikan menggunakan kenderaan bermotor. Kami, Eksotis Jogja menyediakan layanan jasa RENTAL MOTOR bagi wisatawan yang berlibur ke Kota Jogja dengan syarat gampang tidak ribet dan harga oke. 

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon