16 Okt 2017

Menilik Sejarah Mistis Rumah Suci di Pantai Ngobaran Yang Disulap Menjadi Wisata Hits di Jogja

Spot Foto Bagus di Pantai Ngobaran @eksotisjogja

Berwisata ke pantai tentunya sudah hal yang biasa. Yang terfikirkan dibenak Anda dengan mendengar kata pantai adalah laut, pasir putih, sunset, sunrise, tempat camping, snorkling dan lain-lain. Kini salah satu pantai di daerah Gunung Kidul menawarkan keindahan yang unik dan menarik tentunya akan menjadi magnet bagi Anda untuk berkunjung. Yaitu keberadaan pura yaitu tempat ibadah agama hindu semacam Candi. Keunikan ini dapat Anda temui di Pantai Ngobaran.

Tentunya keberadaan ini membuat Anda takjub bukan. Selain candi Anda juga akan menemukan musollah yang menghadap kearah selatan. Lah, kok gak menghadap kiblat?. Mungkin dalam benak Anda timbul tanya bukan?. Meskipun mesjid yang dibangun menghadap ke selatan tetapi umat islam tetap solat menghadap kiblat kok.

Menurut legenda dari cerita masyarakat sekitar nama pantai ngobaran ini berhubungan dengan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak. Konon pada jaman dahulu Kerajaan Majapahit dibawah kekuasaan Raja Brawijaya mulai dipojokkan oleh Kerajaan Demak yang dipimpin oleh putranya sendiri yaitu Raden Patah.

Dengan Berat hati Raja Brawijaya bersama putranya yang bernama Bondan Kejawan meninggalkan Kerajaan Majapahit berjalan ke arah barat. Sehingga mereka tibalah di daerah pesisir pantai yang damai dan sangat tenang. Hingga akhirnya raja penguasa majapahit memutuskan untuk melakukan Uacaa Muksa.

Pesona Pantai Ngobaran @wisatatourjogja

Alasan melakukan ritual ini adalah karena sang raja tidak ingin berperang dengan anaknya sendiri. Karena alasan itu sang raja melakukan upacara ritual pembakaran diri yang menimbulkan kobaran api yang besar. Inilah alasan pantai ini dinamakan sebagai Pantai Ngobaran.

Hingga kini, Pantai Ngobaran dikenal sebagai temapt ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu. Sehingga Anda akan melihat tempat peribadatan seperti mesjid dan pura yang berdiri berdampingan menghadap ke laut. Selain itu juga terdapat aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan. Kejawan merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Wijaya V. Serta terdapat beberapa arca yang digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu.

Di puncak bukit Anda akan menemukan sebuah kotak batu yang berada di depan rumah joglo dan dikelilingi pagar kayu berwarna abu-abu. Dan menurut cerita kotak batu tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V membakar diri.

Penganut agama tertentu sering melakukan berbaai ritual-ritual seperti agama hindu sering melakukan upacara Galungan setiap bulannya purnama dan upacara melastri yang merupakan rangkaian dari upacara nyepi. Begitu juga dengan penganut agama kejawen yang melakukan ritual setiap malam selasa dan malam jumat.

Oleh karena itu jika Anda berlibur ke area pantai ini Anda akan disambut dengan suasana mistis yang dipadu dengan keindahaan lalut dan suara ombak ganas yang menerpa keras pada tebing-tebing batu karang.

Meski memiliki sejarah yang berbau mistis, Pantai Ngobarat adalah salah satu pantai yang termasuk pantai favorit para pengunjung. Jika Anda berkunjung ke pantai ini pada saat jam 06:00-11:00 anda akan melihat masyarakat mencari karangan satau rumput laut yang akan di jual.

Untuk menikmati wisata pantai, saya sarankan Anda mengisi waktu liburan Anda di Pantai Ngobaran ini. Cukup membayarkan tiket masuk seharga Rp 3.000, Anda sudah dapat menikmati keindahan Pantai Ngobaran yang instagraable banget untuk mengisi postingan akun sosial media Anda.

Lokasi Pantai Ngobaran ini berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari jogja kota menuju pantai ini sekitar 45 km, dan menempuh waktu selama 1-2 jaman perjalanan.

Bagi Anda yang sedang dan ingin merencanakan liburan ke Pantai Ngobaran dan berasal dari luar Jogja. Tentunya tidak memiliki kendaraan selama berlibur di Jogja. Anda tidak perlu khawatir. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga bersahabat.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata pantai ngobaran, pantai ngobaran gunung kidul.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon